Tunjang Hasil Panen, Poktan di Lumajang Diharapkan Rawat Jaringan Irigasi


Lumajang, (DOC)–
Untuk menunjang peningkatan hasil panen, Babinsa Sumberurip Koramil 0821/14 Pronojiwo, Sertu Agus Lasto meminta Kelompok Tani (Poktan) untuk merawat jaringan irigasi yang ada, agar dapat berfungsi dengan baik dalam menyalurkan air yang dibutuhkan persawahannya.

Hal tersebut disampaikannya dalam kegiatan Peletakan Batu Pertama Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (RJIT), di Dusun Krajan Desa Sumberurip Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Jumat (2/9/2022).

Agus juga menyampaikan, bahwa sebagai bagian dari aparatur kewilayahan, pihaknya berkewajiban membantu pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Tidak hanya melaksanakan pembinaan wilayah, kita juga berkewajiban membantu pemerintah daerah untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, salah satunya dengan mengawal dan memberikan motivasi kepada petani untuk meningkatkan hasil panen,” ujar dia.

Sementara itu, Koordinator Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Pronojiwo, Sutoto, S.P.t, M.Ma. mengatakan, bahwa RJIT yang dilaksanakan di Dusun Krajan Desa Sumberurip tersebut, merupakan areal lahan milik Poktan Mulyo.

Lanjut dia, jaringan irigasi tersier yang direhabilitasi tersebut sepanjang 170 meter, yang digunakan untuk mengairi areal persawahan seluas 75 hektare.

“Dengan adanya RJIT ini, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air areal sawah petani, sehingga dapat menunjang peningkatan hasil panen sesuai dengan yang diharapkan pemerintah,” harapnya. (Pendim 0821)

https://picasion.com/