Tekan Angka Kasus PMK, TNI Lumajang Terus Kawal Vaksinasi Ternak Warga


Lumajang, (DOC)-
Untuk menekan angka kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Babinsa Tumpeng Koramil 0821/09 Candipuro terus bersinergi dengan aparatur desa dan instansi terkait, melaksanakan vaksinasi kepada ternak warga, seperti yang dilaksanakan di Dusun Besuk Utara Desa Tumpeng Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (15/9/2022).

Babinsa Tumpeng, Sertu Wahyudi menyampaikan, bahwa selain untuk menekan angka penyebaran PMK, upaya itu juga sebagai langkah dalam menjaga kesehatan ternak warga.

Wahyudi juga menyampaikan, kegiatan tersebut juga merupakan kegiatan lanjutan, yang mana sebelumnya petugas sudah dilakukan monitoring kepada warga tentang rencana pelaksanaan vaksinasi.

"Bersama aparatur desa dan petugas dinas terkait, dalam kegiatan ini selain memberikan vaksin pada ternak, juga memberikan edukasi kepada masyarakat, tentang penanganan PMK, dengan melakukan perawatan ternak-ternaknya tetap terjaga kesehatannya," ujarnya.

Selain itu, disampaikan Wahyudi, bahwa pemberian vaksin kali ini  diperuntukkan bagi ternak warga yang sehat, hal ini dimaksudkan untuk memberikan kekebalan pada ternak, agar tidak terinfeksi PMK, terutama sapi milik warga.

Menurutnya, vaksin tersebut diberikan kepada ternak yang masih sehat dan belum terinfeksi virus PMK, akan membentuk antibodi alami dalam tubuh ternak warga, sehingga tidak mudah terpapar virus PMK tersebut.

"Dalam kegiatan ini, kami akan terus kami lakukan monitoring dengan pihak terkait, sebagai upaya pencegahaan, dengan harapan kita semua hewan-hewan ternak milik warga di wilayah binaan kami bebas dari wabah PMK," harapnya. (Pendim 0821)

https://picasion.com/