Polres Lumajang Gerebek Dua Gudang Penyimpanan Kayu Ilegal di Pasirian


Lumajang, (DOC)-
Polres Lumajang bersama Perum Perhutani berhasil menggerebek gudang kayu di di Dusun Glandang Petung, Desa Gondoruso, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, Rabu (31/8/2022) kemarin.

Didalam gudang polisi menemukan ratusan  balok kayu jati yang siap dijual. Selain itu polisi juga menemukan alat bengkel pemotongan kayu beserta alat pemotongnya

Dalam penggerebekan itu, awalnya polisi berhasil mengamankan tiga orang tersangka sedang mengakut kayu jati dengan mengguankan mobil pickup.

Tiga orang tersangka diantaranya berinisial IR (50) warga Desa Gondoruso, Kecamatan Pasirian selaku pemilik kayu dan mobil pick up. FBR (26) warga Dusun Glandang Petung, Desa Gondoruso selaku pengakut dan sopir, sedangkan IA (34) warga Dusun Kebonan, Desa Pasirian sebagai kernet.

Penangkapan itu berawal saat jajaran Polsek Pasirian mengamankan tiga orang mengakut kayu jati dari hutan dengan menggunakan mobil pikap dengan nomor polisi N 8745 YG.

Tidak hanya disitu, kemudian polisi melakukan pengembangan, hasilnya petugas menemukan gudang kayu yang terletak di Dusun Glandang Petung.

"Penangkapan itu berawal petugas mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa ada pencurian kayu jati di kawasan hutan milik Perhutani di Dusun Glendang Petung,  Desa  Gondoruso," ungkap Kapolres Lumajang AKBP Dewa Putu Eka Darmawan.

Menurutnya, anggota sudah cukup lama menyelidiki adanya dugaan illegal logging di hutan milik perhutani.

"Anggota kami sudah memantaunya cukup lama tapi selalu lolos saat kita operasi, tadi malam rupanya mereka tidak tahu kalau kita sedang lakukan penyelidikan dan langsung kita amankan, dugaan kami ini sudah berlangsung lama, berbulan-bulan kalau melihat tonggak-tonggak yang ditinggalkan," tuturnya.

Di dalam dua gudang ditemukan ratusan kayu potongan yang diduga milik kawasan perhutani.

"Kita bersama perhutani menemukan tonggak-tonggak bekas ditebang. Informasi dari perhutani belum pernah memotong di daerah tersebut. Dugaan kami itu adalah hasil pencurian ilegal logging," jelasnya.(Imam)


https://picasion.com/