Jalur Piket Nol Longsor, Jalur Lumajang-Malang di Tutup Total


Lumajang, (DOC)-
Tebing di perbukitan jalur Piket Nol Desa Sumber Wuluh Kecamatan Candipuro Lumajang, kembali mengalami longsor, Minggu (11/9/2022).

Kejadian longsor terjadi akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Pronojiwo dan Candipuro sejak Sabtu (10/9/2022) malam sekitar pukul 19.30 Wib.

Tanah Longsor kali ini terjadi di kilometer 58 Piket Nol, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro. Akibatnya jalur yang menghubungkan Lumajang menuju Malang di tutup total.

Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, Joko Sambang mengatakan, Longsor terjadi KM 58 ini terjadi sekitar pukul 05.30 Wib.

"Longsoran tersebut berupa matrial tanah dan batu serta pohon tumbang jenis Bulupek," ujarnya.

Joko menjelaskan, awalnya pegawai proyek jembatan gladak perak sedang melakukan pengecekan jalan ke arah Supiturang dan melihat longsoran matrial tanah dan batu serta pohon tumbang jenis Bulupek dengan diameter 150 cm dan tinggi 25 meter di KM 58 Piket Nol, 

"Kejadian tersebut terjadi tepatnya diutara decker atau tembok penahan tanah dan menutup total jalan nasional penghubung Lumajang - Malang melalui Pronojiwo," ujarnya.

Lanjut dia, setelah mendapat laporan dari masyarakat, satu regu BPBD Lumajang tiba dilokasi longsor dan pohon tumbang untuk melakukan pembersihan manual bersama pengendara motor dan warga yang sedang melintas diarea Piket nol.

"Alat berat jenis Exavator milik Hutama Karya tiba dilokasi longsor dan melakukan pembersihan," tersangnya.

Hingga saat ini masih dilakukan proses pembersihan lokasi longsor terus dilakukan oleh petugas gabungan bersama warga sekitar.

"Jalur Lumajang menuju Malang melalui Piket Nol tertutup total untuk kendaraan," ungkapnya.

Joko menambahkan, Selain menyebabkan pohon tumbang dan longsor di KM 58 Piket nol, hujan deras juga menyebabkan longsoran antara lain di dusun Sidomukti RT 26 RW 09 Desa Tamanayu Kecamatan Pronojiwo dan menimpa rumah warga, jalan raya kabupaten di dusun Jonggrang RT 23 RW 08 Desa Tamanayu Kecamatan Pronojiwo, dan jalan desa di dusun Sidomukti RT 29 RW 09 Desa Tamanayu Kecamatan Pronojiwo.


"Selain itu juga terjadi enangan air di Desa Bulurejo Kecamatan Tempursari," pungkasnya.(Imam)

https://picasion.com/