Gelar Safari Jumat, Wakapolres Lumajang Sampaikan Harkamtibmas


Lumajang, (DOC)
-Salah satu program unggulan Polres Lumajang yang bersifat preventif dan dinilai cukup efektif dalam pengelolan Kamtibmas adalah `Safari Jumat`.

Kali ini Polres Lumajang menggelar safari Jumat di Masjid Darul Falah, Desa Karangrejo, Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang, Jumat (16/9/2022).

Kegiatan safari Jumat di Masjid Masjid Darul Falah diikuti oleh sejumlah perwira jabatan utama (PJU) seperti Wakapolres Lumajang Kompol Andi Febrianto Ali, Kasat Binmas AKP Didik Sugiarto, Kapolsek Yosowilangun AKP Hariyanto, dan anggota polisi, Babinsa Karangrejo.

Seusai sholat Jumat, Wakapolres Lumajang memberikan dialog untuk mewujudkan Pemeliharaan keamanan dan ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas).

Dihadapan para jamaah, Wakapolres Lumajang Kompol Andi Febrianto Ali menyampaikan untuk mengaktifkan kembali kegiatan pos kamling dilingkungan masing-masing untuk mencegah terjadinya pencurian.

"Saya mengajak masyarakat untuk berperan aktif menjaga lingkungan dan menghidupkan kembali siskamling, yakni menyiapkan bunyi alarm keamanan, dan kentongan di masing-masing rumah, karena apabila membunyikan kentongan tersebut bisa membangunkan warga," terangnya.

Kompol Andi mengajak, untuk melaksankan ronda malam setiap 2 sampai 3 jam sekali bersama dengan satgas keamanan desa (SKD) Bhabinkamtibmas, babinnsa, dan warga masyarakat atau relawan.

"Saya minta untuk meningkatkan kinerha SKD yang ada di setiap desa untuk membantu keamana desa. Jika ada tamu asing wajib lapor 1x24 jam kepada RT, RW, dan Desa," jelasnya.

wakapolres menjelaskan, safari Jumat inu merupakan program dari Kapolres Lumajang yang bertujuan untuk meningkatkan situasi harkamtibmas.

"karena ini adalah bentuk kegiatan preventif dan preemtif. Untk represif ini akan dilakukan dengan membentuk timsus," ungkapnya.

Andi berharap kepada warga masyarakat untuk mencegahnya terjadinya curanmor gunakan kunci ganda pada sepeda motor saat memakir kendaraannya.

"Jika terjadi tindak kriminalitas segera menghubungi kepala desa, dan petugas kepolisian," pungkasnya.(Mam)


https://picasion.com/