Babinsa dan Masyarakat Desa Rojopolo Jaga Kebersihan Saluran Air


Lumajang, (DOC) -
  Melakukan kegiatan membersihkan drainase secara rutin juga menjadi salah satu cara yang efesien sebagai upaya dalam merawat agar tetap terawat.

Hal tersebut disampaikan oleh Babinsa Rojopolo Koramil 0821/12 Jatiroto, Serka Wartono saat kegiatan kerja bakti pembersihan drainase bersama warga Binaannya di Dusun Krajan Kidul  RT 004 RW 004 Desa Rojopolo Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Jumat (16/9/2022).

Wartono menyampaikan, bahwa pihaknya melakukan upaya rutinitas tersebut, untuk menggugah warganya selalu peduli dalam kebersihan drainase,  demi mengantisipasi dan mencegah banjir pada waktu hujan serta menjaga ekosistem air.

"Dengan keterlibatan semua warga dalam kebersihan lingkungan utamanya drainase yang ada di pemukiman warga perlu diperhatikan, karena upaya tersebut adalah langkah dalam mencegah terjadinya banjir akibat sampah ataupun rumput liar disepanjang aliran ini tetap terjaga kebersihannya," ujar dia.

Sementara itu, Kepala desa Rojopolo Sukiyanti mengatakan, bahwa disamping melakukan normalisasi, dirinya mengimbau kepada warga untuk tidak membuang sampah disepanjang aliran drainase, agar tidak kumuh dan kotor.

Lanjut dia, pihaknya juga kedepannya akan melakukan pengembangan, dan berkoordinasi dengan pihak terkait, untuk kegiatan kebersihan drainase dan sungai di sejumlah desa se-wilayah binaannya secara rutin dan berkala.

"Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak Babinsa yang telah mendorong warga, sehingga kegiatan ini berjalan lancar," pungkasnya. (Pendim 0821)

https://picasion.com/