Tampilkan Tarian Jiwangga Mahawira, SMPN 1 Tempeh, Antusias Meriahkan Karnaval HUT RI ke -77

Siswi SMPN 1 Tempeh tampilkan tarian Jiwangga Mahawira

Lumajang, (DOC)
-Dalam rangka memeriahkan ari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT) ke – 77 Republik Indonesia Tahun 2022, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Tempeh antusias mengikuti karnaval.

Pawai karnaval SD/MI,dan SMP dilaksanakan dari mulai siang pukul 13.30 WIB sampai selesai di pusatkan di depan kantor Bupati Lumajang Alun-Alun Utara, Selasa (30/8/2022).

Pawai karnaval SMPN 1 Tempeh ini dengan mengambil tema tarian Jiwangga Mahawira.

Pantuan dilapangan para peserta pawai karnaval SMPN 1 Lumajang menampilkan sebuah cerita kerajaan yakni Jinggosari, Sang putri sinduro putri sejati Lumajang melawan prajurit Hulubalang.

Kepala Sekolah SMPN 1 Tempeh Sujanar  mengungkapkan, para peserta yang juga murid-murid sangat antusias dan bersemangat mengikuti pawai karnaval.

"Saya harapkan seluruh siswa kita, dapat menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme dalam dirinya serta mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," jelasnya.




Sujarnar mengatakan dalam pawai karnaval ini SMPN 01 Tempe menampilkan ari kreasi yang berjudul "Jiwangga Mahawira" Sebuah karya tari yang berpijak pada vokabuler gerak tari tradisi yang berkembang dengan konsep garap bentuk pertunjukan tari tradisional kontemporer.

"Tari ini ang menginterpretasikan spirit dan semangat juang sosok Putri Jinggosari seorang putri dari kademangan sinduro, Lamajang," ujarnya.

Lanjut dia, dalam pawai karnaval ini seorang siswi menggambarkan Putri Jinggosari yang mempunyai paras yang cantik dan menawan, sehingga menarik daya Hulubalang sosok demang dari lamajang. Putri tersebut dipaksa untuk menikah dengan Hulubalang sekaligus ingin menguasai wilayahnya.

"Sang Putri Jinggosari yang memiliki karakter cerdik, ahli dalam berperang, kuat dan tegas, maka terjadilah sebuah perlawanan antara Putri Jinggosari dan prajurit Hulubalang Pantang menyerah yang tak pernah pudar dari Putri Jinggosari," ujarnya.




https://picasion.com/