Sego Kelor Resmi Jadi Makanan Khas Lumajang, Ini Kata Ketua TP PKK Jatim Arumi Bachsin


Lumajang, (DOC)-
Sego kelor atau nasi kelor merupakan kuliner khas Kabupaten Lumajang.

Untuk Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Jawa Timur (TP PKK Jatim), Arumi Bachsin bersama Pemerintah Kabupaten Lumajang mendeklarasikan bahwa makanan ini sebagai kuliner yang paling cocok untuk warga masyarakat kota pisang.

Dimana Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Lumajang mendirikan 10 tenda di sebelah selatan Alun-alun. Bahkan masyarakat yang datang ke stand bisa mencicipi sego kelor.

Seperti dilakukan Ketua TP PKK Jatim Arumi Bachsin bersama Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati saat mengunjungi stand yang menyajikan sego kelor langsung mencicipi makan sego kelor.

"Makan sego kelor khas Lumajang enak rek," kata Arumi Bachsin dalam kunjungan acara Penyuluhan Tempe yang baik dan sehat serta festival jajanan pasar, Jumat (19/8/2022).

Arumi menuturkan, Hari ini ingin mensosialisasikan nasi kelor yang paling utama, tapi juga tentu lauk pauknya yang sehat.

"Kenapa nasi kelor karena ini menjadi solusi, pertama kelor itu banyak dibudidaya dan diolah memberikan warna yang bagus. Sego kelor juga sebagai solusi bagi anak-anak yang tidak suka sayur untuk diolah seperti ini," tuturnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati mengatakan bahwa pihaknya menggandeng PKK karena mitra pemerintah yang paling efektif untuk sosialisasi. 

"Karena sego kelor  selain banyak manfaat bisa mencegah penyakit kanker.Bisa juga menjadi alternatif bagi anak-anak yang tidak suka sayur maupun buah" kata Bunda Indah.

Ia mengungkapkan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) akan membina warung-warung makan untuk supaya menjual sajian menu nasi kelor. Supaya, jika ada masyarakat luar kota datang ke Lumajang mudah menjumpai makanan ini.

"Nasi kelor punya kandungan vitamin, zat besi yang sangat tinggi dan anti oksidan yang bisa mengantisipasi jaringan kanker tumbuh di setiap manusia," pungkasnya. (Imam)

https://picasion.com/