Polres Lumajang Launching Satgas PPA Untuk Cegah Kekerasan Seksual Perempuan dan Anak


Lumajang, (DOC)
– Polres Lumajang melaunching Satuan Tugas (Satgas) Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) bersama sama instansi terkait di Wisata Pemandian Alam Selokambang, Desa Purwosono, Kecamatan Sumbersuko, Rabu (3/8/2022).

Kapolres Lumajang AKBP Dewa Putu Eka Darmawan mengatakan, pembentukan Satgas PPA ini merupakan tindak lanjut perintah Kapolda Jatim. Satgas PPA sebagai garda terdepan juga sebagai ujung tombak dalam perlindungan dan penanganan terhadap kasus yang menimpa perempuan dan anak.

"Jadi ini adalah perintah dari Kapolda Jatim dalam pembentukan satgas untuk mewadahi dari pada undang-undang Nomer 12 tahun 2022 tentang tindak pidana kekerasan seksual," ujarnya.

Dewa menambahkan, Dalam pembentukan Satgas PPA ini melibatkan instansi terkait, yaitu Kejaksaan Negeri Lumajang, Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, Kementrian Agama Lumajang.

"Satgas PPA juga melibatkan Dinas Kesehatan dalam hal ini Psikolog, dan Pemerhati perempuan dan anak yang nantinya diharapkan bisa bersinergi dan berkolaborasi dengan beberapa stake holders di wilayah kabupaten Lumajang," terangnya.

Lebih lanjut, Kapolres menyampaikan, kedepan satgas ini ada sub satgas pencegahan yang akan melakukan sosialisasi ke desa-desa, sekolah dan ponpes.

"Sosialisasi dilakukan ini untuk mencegah terjadinya kekerasan perempuan dan anak dilingkungan seperti dirumah, kantor, tenaga pendidikan, dan ponpes," jelasnya.

Selain itu, lanjut Dewa, Satgas PPA juga membuka Hotline untuk menerima pengaduan laporan untuk mempercepat penanganan kasus kekerasan perempuan dan anak.

"Mudah-mudahan menjadi sosialisasi bahwa kami membuat satgas ini tidak hanya ikut ikutan tapi bagaimana di Lumajang perempuan dan anak ini mendapat porsi pengamanan yang lebih," pungkasnya. (Mam)

https://picasion.com/