Kolaborasi TNI Jajaran Kodim 0821 Dengan Timkes Tracing dan Investigasi Kontak TBC


Lumajang, (DOC)-
Keterlibatan personel TNI jajaran Kodim 0821 Lumajang dalam menciptakan, berikut menjamin masyarakat dalam keadaan sehat, terus dimaksimalkan.

Salahsatunya terimplementasi dalam GITA TBC ( Gerakan Investigasi Kontak Tubercolosis atau TBC ). Personel terus mendampingi kegiatan secara aktif, menggarisbawahi sinergitas dan dukungan dalam mensukseskan program pemerintah.

Kepala Seksi Teritorial Kodim 0821 Kapten Infanteri Ariman S.H, mengatakan, keterlibatan personel TNI di jajaran Kodim 0821 dalam kegiatan contact tracing and contact investigation TBC, tidak merubah tupoksi dari pihak terkait dalam hal kewenangan dan penanganan salahsatunya dari sudut medis.

"Giat ini merupakan strategi penemuan pasien TBC, tidak hanya dilakukan secara pasif dengan aktif promotif. Akan tetapi juga dilakukan dengan cara upaya penemuan aktif secara intensif dan masif, berbasis pada sisi kekeluargaan dan masyarakat, dengan tetap memperhatikan dan mempertahankan layanan yang baik, prima serta yang terpenting sesuai standar," kata Kapten Ariman, Sabtu (6/8/2023).

Pasiter menambahkan, kegiatan melibatkan tim medis dari puskesmas wilayah setempat di masing - masing koramil jajaran, berikut para kader, kepala desa dan staf atau perangkat dan tokoh masyarakat.

Ada sejumlah tahapan yang turut didampingi oleh personel TNI dalam giat berskala keseluruhan. Salahsatunya meliputi pengumpulan saspek, sosialisasi, rangkaian pemeriksaan medis dan pengambilan sampel.

"Kontak yang diduga ada indikasi TBC akan dirujuk ke layanan kesehatan selanjutnya, untuk untuk ditangani lanjut oleh tim medis dan bila terdiagnosis TBC, akan diberikan pengobatan yang tepat dan sedini mungkin. Sementara tujuan kegiatan ini yaitu, meningkatkan penemuan kasus dan mencegah penularan TBC di masyarakat," imbuh Pasiter. (Pendim 0821)

https://picasion.com/