Tanamkan Kedisiplinan, Babinsa Pasrujambe Berikan Pelatihan PBB bagi Siswa Sekolah


Lumajang, (DOC)-
Untuk membentuk sikap kedisplinan, kekompakan, loyalitas dan kepedulian, rasa persatuan dan rasa tanggung jawab sejak dini, perlu adanya pelatihan dasar Peraturan Baris Berbaris (PBB).

Hal tersebut dikatakan oleh Babinsa Pasrujambe Koramil 0821/17 Pasrujambe Serda Amil Fahrudin saat dimintai keterangan usai memberikan materi PBB kepada 147 siswa kelas depalan dan kelas sembilan SMP Negeri 01 Pasrujambe Desa Pasrujambe Kecamatan Pasrujambe Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (19/7/2022).

Amil juga mengatakan, bahwa pelatihan PBB yang diberikan sebagai wujud latihan dasar fisik guna menanamkan sikap dan perilaku seseorang agar memiliki disiplin yang tinggi.

“Tujuan dari pada PBB untuk siswa sekolah adalah menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa persatuan dengan rekan, sikap disiplin sehingga dengan demikian senantiasa dapat mengutamakan kepentingan tugas di atas kepentingan individu, dan secara tidak langsung akan tertanam rasa tanggung jawab pada siswa. Dengan begitu banyak hal positif yang bisa diambil dari pembelajaran Peraturan Baris Berbaris tersebut,” tegasnya.

Selain itu, dikatakan Amil, bahwa maksud diberikannya materi Peraturan Baris Berbaris pada siswa-siswi, semata-mata merupakan suatu latihan awal dalam membela negara, yang mana nantinya tertanam rasa disiplin pada siswa, menumbuhkan rasa kebersamaan di antara teman di lingkungan sekolah.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 01 Pasrujambe Drs. Nanang Hermanto menuturkan, bahwa kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan yang vakum beberapa tahun karena adanya pandemi COVID-19, untuk memulai pihaknya dengan bekerja sama dengan Koramil Pasrujambe untuk memberikan pelatihan baris berbaris.

“Kami mengucapkan banyak terimakasih atas kerja sama yang baik, kepada Koramil Pasrujambe yang telah bersedia dalam memberikan bimbingan bagi siswa/siswi kami, yang mana kegiatan dapat terselenggara dengan lancar, dan semoga materi yang diberikan dapat diserap dapat memberikan manfaat bagi anak didik kami sehingga terbentuk siswa yang berkarakter,” tuturnya. (Pendim 0821)

https://picasion.com/