Sejahterakan Rakyat, Kodim 0821 Ubah Lahan Tidur di Desa Tempeh Kidul Jadi Lahan Pertanian


Lumajang, (DOC) -
Dandim 0821/Lumajang Letkol Czi Gunawan Indra Y. T., S.T., M.M.,  memimpin langsung penaman secara serentak wilayah Korem 083/Bdj di lahan tidur milik Kodim 0821/Lumajang, di Desa Tempeh Kidul Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang, Rabu (13/7/2022). 


Kegiatan tersebut juga dilaksanakan  apel secara virtual dipimpin Danrem 083/BDJ Kolonel Inf Yudi Prasetyo. 


Dalam arahannya, Danrem 083/BDJ Kolonel Inf Yudi Prasetyo mengajak diwaktu ke depan agar TNI lebih cenderung berfikir bagaimana meningkatkan kesejahteraan rakyat. 


"Karena ketahanan pangan merupakan bagian untuk mencapai kesejahteraan," ujarnya.


Menyikapi hal tersebut, di wilayah Kodim 0821 Lumajang, Dandim 0821/Lumajang bertekad sedianya personel TNI akan lebih di sinergikan atau lebih bersama rakyat, dalam setiap tahapan pelaksanaan kegiatan. 


"TNI akan selalu hadir di tengah - tengah kesulitan masyarakat. Apapun kesulitan itu dan bisa memberikan solusi,” katanya. 


Ada sebanyak ribuan bibit jagung ditanam saat itu berada di lahan milik TNI AD. 


Dandim berharap ke depan, wilayah Kodim 0821 akan terus menjadi menopang lumbung pangan di Jawa Timur. 


"Tentu kami juga melibatkan stakeholder terkait. Keterlibatan masyarakat disini juga perlu, karena ini sifatnya bersama - sama dengan kata lain, satu untuk semua," ujar Letkol Czi Gunawan Indra.


Sebagai informasi, Kepala Staf Angkatan Darat ( KASAD ) Jenderal Dudung Abdurachman, sebelumnya menginstruksikan seluruh jajarannya untuk memaksimalkan lahan-lahan tidur milik TNI AD di berbagai daerah di Tanah Air. Tanah - tanah yang kosong dan tidak tergarap, harus dijadikan area pertanian, perkebunan sehingga bisa memberi hasil berupa produk pangan bagi masyarakat setempat. 


Lebih lanjut Letkol Czi Gunawan Indra menambahkan, sesuai instruksi komando atas yakni sebagai bentuk antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi krisis pangan. 


"Nantinya babinsa diinstruksikan agar bekerjasama degan masyarakat untuk tetap merawat tanaman yang ditanam hari ini," pungkasnya. (Tim)

https://picasion.com/