Porprov Jatim 2022 Resmi Ditutup Wakil Gubernur Jatim, Surabaya Juara Umum Raih 843 Medali


Lumajang, (DOC)-
Penutupan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke VII Jawa Timur tahun 2022 resmi telah ditutup oleh Plt Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak.

Penutupan Porprov ke VII Jatim berlangsung di Stadion Semeru Lumajang, Minggu (3/7/2022) malam. Ribuan penonton hadir menyaksikan malam penutupan event olah raga se-jawa timur.

Dalam penutupan porprov ini dibuka dengan aksi 500 penari topeng Kaliwungu dan tari godril dari kabupaten Lumajang, dan jaran kencak.

Usai pergelaran tarian para kontingen dari 38 kabupaten dan kota se Jawa Timur berjalan menuju lapangan Stadion Semeru.

Dalam penutupan Porprov Jatim dimeriahkan dengan menyalakan kembang api. Bahkan dimeriahkan Geranium, Cak Percil CS, dan Denny Caknan.

Plt Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengatakan, Porprov Porprov merupakan 'Kawah Candra Dimuka' bagi atlet-atlet berpotensi yang dimiliki oleh Jatim.

"Semuanya kita berikan kesempatan bisa beradu bakat secara sportif untuk menghasilkan patriot bangsa yang mengharumkan nama Indonesia di tingkat internasional," Ujarnya.

Emil memberikan apresiasi atas kesuksesan pergelaran Porprov ke VII Jatim dengan melibatkan 4 Kabupaten diantaranya Kabupaten Lumajang, Jember, Situbondo dan Bondowoso

"Dari arah timur lereng Semeru, sampai ke barat Ijen, di pesisir utara Situbondo dan diselatan di Jember, dimana semua telah membuktikan mampu menjadi tuan rumah yang baik untuk pekan Porprov Jatim. Jumlah kontingen mencapai puluhan ribu ini melebihi jumlah Pekan Olahraga Nasional (PON)," jelas Wakil Gubernur.

Sementara itu, Bupati Lumajang Thoriqul Haq menyampaikan terima kasih kepada seluruh yang terlibat dalam pelaksanaan Porprov Jatim 2022.

"Terima kasih, Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Koni Jawa Timur karena telah menunjuk kami jadi tuan rumah. Terima kasih juga untuk masyarakat Lumajang yang telah menjadi tuan rumah yang baik untuk Porprov Jatim ini," ungkapnya.


Sementara itu, Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati turut mengucapkan terima kasih kepada kontingen Lumajang yang telah berjuang keras untuk meraih prestasi di ajang Porprov Jatim 2022.

"Maturnuwun (Terima kasih, red) telah mempersembahkan medali untuk Kabupaten Lumajang," ungkapnya.

Dalam pergelaran Porprov ke VII Tahun 2022, Subaya kembali dinobatkan menjadi juara umum Porprov ke VII dengan meraih 843 medali, dengan rincian 130 emas, 99 perak dan 125 perunggu.

Posisi runner up diraih oleh Kota Malang dengan raihan  486 medali dengan rincian 70 emas, 67 perak dan 72 perunggu.

Sementara di posisi ketiga Kabupaten Sidoarjo meraih 459 medali dengan rincian 61 emas, 66 perak dan 83 perunggu, dan  peringkat keempat diraih oleh Kabupaten Malang sebanyak 349 medali dengan rincian 47 emas, 51 perak dan 59 perunggu, dan posisi kelima ditempati oleh Kota Kediri yang mendapat 335 medali dengan rincian 57 emas 27 perak dan 53 perunggu.

Sementara itu, dua dari empat tuan rumah, Kabupaten Lumajang berada berada di urutan ke-8 dengan perolehan medali total berjumlah 160 medali yang terdiri dari 21 medali emas, 24 medali perak, dan 28 medali perunggu.

Sedangkan Kabupaten Jember berada di posisi urutan 9 dengan perolehan medali total berjumlah 159 medali yang terdiri dari 20 medali emas, 17 medali perak, dan 45 medali perunggu. (Imam)


https://picasion.com/