Lapas Lumajang Mulai Berikan Layanan Kunjungan Tatap Muka Untuk Warga Binaan


Lumajang, (DOC)-
Lembaga Permasyarakatan Kelas II B Lumajang membuka Layanan kunjungan tatap muka khususkan bagi keluarga inti warga binaan.

Layanan kunjungan tatap muka itu telah diadakan mulai hari Selasa 12 Juli 2022 yang di khususkan bagi keluarga inti warga binaan.

Kegiatan itu dilaksanakan setalah terbitnya Surat Edaran (SE) Direktorat Jenderal Pemasyarakatan bernomor PAS-12.HN.01.02 Tahun 2022 tentang Penyesuaian Mekanisme Terhadap Layanan Kunjungan Secara Tatap Muka dan Pembinaan yang Melibatkan Pihak Luar.

"Kunjungan tatap muka sudah dibuka, tapi dengan pembatasan-pembatasan. Pengunjung harus keluarga inti, sudah divaksin dosis ketiga dan maksimal hanya 15 menit," jelas Kasi Binadik Lapas Kelas II B Lumajang Pramita Ananta T saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (13/7/2022).

Ananta menyampaikan ada beberapa ketentuan dalam kunjungan tatap muka tersebut, diantaranya setiap keluarga harus sudah vaksin booster baru diijinkan bisa tatap muka. 

Namun jika keluarga inti belum vaksin booster tetap diperbolehkan tatap muka dengan menunjukan rapid atau swab antigen dengan hasil negatif dan keterangan tidak dapat menerima vaksin karena alasan kesehatan dari dokter atau instansi pemerintah 

"Keluarga inti yang menjenguk narapidana hanya diberikan kesempatan satu kali dalam satu minggu pada jam kerja yang dilaksanakan mulai pukul 09.00 - 11.00 Wib," ujar Ananta.

Ia mengatakan, untuk keluarga inti yang ingin tatap muka dengan narapidana dilaksanakan setiap hari Selasa dan Kamis. Namun bagi narapidana atau tahanan yang belum divaksin kunjungan dilakukan secara virtual.

"Karena langkah yang diambil tersebut sebagai antisipasi penularan COVID-19 di dalam Lapas," jelasnya.

Lebih lanjut Ananta menjelaskan hingga kini, jumlah penghuni Lapas II B Lumajang sebanyak 714 orang dengan rincian 553 narapidana, 161 tahanan A3 proses  sidang yang sudah diserahkan oleh kejaksaan.

"Lapas Lumajang setiap hari menerima kunjungan tatap muka sekitar 30 orang," pungkasnya. (Imam)

https://picasion.com/