KPU Gelar Sosialisasi PKPU Nomor 4 Tahun 2022, Dihadiri 6 Partai Parpol Baru


Lumajang, (DOC)-
Pendaftaran Partai Politik peserta pemilu tahun 2024 akan segera dibuka dalam waktu dekat.

Sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 4 Tahun 2022 tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu, dimana pendaftaran akan dimulai pada 1 sampai dengan 14 Agustus 2022.

Guna memastikan kesiapan melaksanakan tahapan, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lumajang bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lumajang menggelar sosialisasi PKPU Nomor 4 Tahun 2024 di Rumah Pintar, Jumat (29/7/2022) kemarin.

Selain mensosialisasikan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomer 4 tahun 2022, KPU juga mensosialisasila Sistem aplikasi SIPOL (Sistem Informasi Partai Politik).

Dalam sosialisasi tersebut dihadiri sekitar 20 partai politik dan 6 diantaranya partai politik baru.

Ketua KPU Lumajang Yuyun Baharita mengatakan, pihaknya bersama Bawaslu Lumajang melakukan sosialisasi berkenaan dengan mempersiapkan diri dalam rangka persiapan pendaftaran verifikasi dan penetapan partai politik tepatnya peraturan KPU nomor 4 Tahun 2022.

"Ada pembeda antara peraturan yang lama dengan baru. pembedanya itu bukan berarti memberatkan partai politik tapi kita menyamakan persepsi," ujarnya.

Lanjut Yuyun, perbedaannya salah satunya paling mencolok dulu parpol ada yang mebawa dokumen pendukung seperti KTP yang kemudian diserahkan ke KPU.

"Saat ini cukup dilakukan melalui aplikasi SIPOL yang sudah terintegrasi dengan pusat," terangnya.

Namun sekarang kata Yuyun, Pihak KPU yang berada di daerah hanya tinggal melakukan verifikasi, baik administrasi maupun faktual berdasarkan data dari pusat.

"Bila ada perbedaan data antara data base pemilih berkelanjutan dengan SIPOL bisa dengan mudah untuk ditindak lanjuti. Jika ada NIK atau nama yang berbeda segera kita laporkan ke jajaran atas," terangnya.

Data sementara, ada 21 parpol yang sudah terdata di kabupaten Lumajang. Bahkan ada tambahan 1 parpol yang telah masuk dan mulai melakukan koordinasi yakni Partai Buruh.

Ketua Exco Partai Buruh Lia Mayangsari mengaku sangat optimis bisa lolos proses verifikasi.

"Jika nanti harus revisi berkas kita siap hingga bisa lolos. Target legislatif masih kita rahasiakan," ujarnya. (Mam)





https://picasion.com/