Cek Rutin Kesehatan Ternak Antisipasi Wabah PMK Babinsa Purorejo Kuatkan Sinergi


Lumajang, (DOC)-
Mewakili Danramil Tempursari Lumajang, Babinsa Purorejo Koptu Eko Azis bersama Bhabinkamtibmas dan petugas dinas terkait berikut pemdes, melakukan pemantauan hewan ternak warga, di Dusun Krajan Desa Purorejo Kecamatan Tempursari Kabupaten Lumajang, Sabtu (9/7/2022).


Kegiatan dilaksanakan, guna memperkuat ketahanan dini, dalam upaya pencegahan wabah PMK ( Penyakit Mulut dan Kuku ) yang belakangan ini, cukup membuat khawatir.


Koptu Eko Azis mengatakan, diwilayah teritorialnya kegiatan serupa makin digencarkan. Bermula dari sosialisasi, memberikan pemahaman pada warga, tentang kiat dan langkah awal pencegahan. Tujuannya memberikan bekal, yang paling mendasar membuang rasa panik. 


"Kegiatan ini merujuk pemeriksaan kesehatan ternak warga khususnya sapi. Pasca perawatan, kami bersama petugas terkait melakukan diagnosa sehingga tingkat ketahanan menjadi kuat dan rentan atau resiko terjangkit wabah bisa diminimalisir dengan mengetahui perkembangan secara langsung," kata Koptu Eko Azis.


Senada disampaikan oleh Suli warga setempat, jika berkat sosialisasi yang dilakukan dan menurutnya gencar, membuat rasa nyaman dan terlindungi. "Setidaknya khawatir itu berkurang. Sebab kami warga disini khususnya peternak sapi, merasa didampingi setiap saat sehingga manakala ada sesuatu hal yang terjadi, bisa secepatnya diatasi," kata dia.


Juga, diwaktu yang sama M Sulkan Mantri Hewan menambahkan, jika keterlibatan TNI dalan pendampingan secara tidak mempermudah salah satu misal, dalam tahapan pendataan.


"Perlu kami ingatkan kembali, bahwa dalam penanganan wabah ini, sifatnya bersinergi. Jangan panik, ikuti aturan yang ada. (Pendim 0821).

https://picasion.com/