Cegah PMK, Ratusan Kandang di Sumberjati Tempeh Hari Ini Disterilisasi


Lumajang, (DOC)
- Koptu Nyono Winardi Babinsa Sumberjati Kecamatan Tempeh bersama Bhabinkamtibmas setempat Aiptu Masrur Ubadilah, berkolaborasi melakukan penyemprotan disinfektan pada sejumlah kandang milik warga, Jum'at (15/7/2022).

Kegiatan makin digencarkan, dengan tujuan meminimalisir dampak penyebaran wabah PMK ( Penyakit Mulut dan Kuku ) yang belakangan ini, membuat warga resah dan tak sedikit juga yang panik.

Ada total 327 kandang yang sudah didata, terhitung per hari ini kegiatan sudah mencapai sebanyak 104 kandang. Tegas Babinsa, kegiatan akan diteruskan hingga secara keseluruhan, bisa tersentuh penanganan.

Langkah tersebut diapresiasi oleh Gendut, Kades Sumberjati. Ia mengucapkan terimakasih kepada Babinsa dan Bhabinkamtibmas, karena menurutnya selalu membatu segala  kegiatan di desa binaannya dengan ikhlas.

Senada disampaikan Koptu Nyono, mengimbau pemilik ternak agar melakukan langkah dini dan rutin dengan cara menjaga kebersihan. Kebersihan dinilai dapat mencegah dini.

 "Hal yang sifatnya mencegah dini, ini kami sampaikan dalam tajuk sosialisasi. Memberikan pemahaman pada masyarakat supaya awal tidak panik. Berikut stimulan yang mengarah pada kemandirian, edukasi berikut tidak menutup ruang interaksi dan komunikasi atas suatu keadaan yang perlu ditindaklanjuti," kata Babinsa.

Sementara Bhabinkamtibmas Aiptu Masrur mengajak, pemilik ternak agar selalu menjaga hewan ternak dengan memberikan pakan yang teratur. Menjaga kebersihan kandang dan melakukan pemeriksaan ternak secara rutin kepada kesehatan hewan guna mengecek kesehatan hewan ternak.

"Kegiatan ini akan dilakukan dari dusun yang ke dusun yang lain, hingga selesai secara keseluruhan didalam satu desa," pungkasnya. (Pendim 0821).

https://picasion.com/