Cegah Dini Wabah PMK, Polsek Randuagung Gencar Penyemprotan Disinfektan


Lumajang, (DOC)-
Polsek Randuagung  melaksanakan penyemprotan disinfektan kepada hewan untuk mengantisipasi penyebaran wabah PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) pada hewan ternak khususnya sapi.


Penyemprotan desinfektan secara serentak di sejumlah kandang ternak sapi milik warga di Desa Kalipenggung, Kecamatan Randuagung, Kabupaten Lumajang, Selasa (12/7/2022)


Hal ini dilakukan untuk mencegah terjangkitnya hewan ternak dengan virus PMK.


Kegiatan penyemprotan disinfektan dilaksanakan ke kandang ternak sapi milik warga dilakukan Bhabinkamtibmas Polsek dan Babinsa Koramil Randuagung bersama Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Lumajang.


Kapolsek Randuagung Iptu Darmanto menjelaskan bahwa kegiatan penyemprotan disinfektan terhadap hewan ternak di wilayah hukum Randuagung dilaksanakan guna mencegah penyebaran penularan penyakit PMK melalui kerjasama dengan Dinas Pertanian dan Peternakan guna memastikan kandang maupun hewan ternak dalam keadaan bersih, sehat serta baik.


Selain itu, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Lumajang 

juga aktif memberikan penyuluhan dan sosialisasi tentang wabah PMK sehingga wabah PMK ini segera bisa diatasi dan tidak menimbulkan kepanikan di masyarakat khususnya para peternak


"Ini merupakan salah satu langkah preventif kita bersama dinas Dinas Pertanian dan Peternakan

guna pencegahan dalam penyebaran penyakit PMK yang berdampak pada hewan ternak lainnya”, ungkapnya.


Darmanto menghimbau kepada masyarakat maupun peternak untuk tidak panik dan selalu menjaga kebersihan kandang hewan ternak serta segera melaporkan kepada Petugas terkait jika ada ditemukan hewan ternak yang mengalami gejala penyakit PMK sehingga sesegera mungkin dilakukan langkah-langkah pengobatan maupun pencegahan.


"Tidak hanya itu kita juga melakukan himbauan kepada warga yang memiliki ternak sapi maupun kambing agar tetap menjaga kebersihan kandang, serta segera melaporkan apabila ada indikasi sakit pada hewan ternak agar kita dapat melakukan penanganan, " tutupnya


Sementara data hewan ternak Sapi yang terkena Wabah  PMK untuk Kecamatan Randuagung  sebanyak  312 ekor, sembuh 4 ekor dan mati 1 ekor. (Imam)

https://picasion.com/