Babinsa Jugosari Kawal Vaksinasi PMK pada Hewan Ternak Warga Binaan


Lumajang, (DOC)–
Untuk mencegah terjadinya penyebaran penyakit pada hewan ternak, Babinsa Jugosari Koramil 0821/09 Candipuro Serka Novi Wahyu Santoso mengawal pelaksanaan vaksinasi PMK, di Desa Jugosari Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (25/7/2022).

Saat kegiatan tersebut, Novi Wahyu mengatakan, bahwa penyakit tersebut sangat berbahaya dan mudah sekali menular melalui kontak langsung antara hewan yang tertular dengan hewan yang rentan penyakit, serta melalui leleran lendir hidung dan serpihan kulit.

Lanjut dia, dirinya juga mengimbau kepada warga yang memiliki ternak sapi untuk rutin membersihkan lingkungan disekitar kandang, apabila ditemui ada hewan ternak bergejala PMK, segera laporkan, sehingga dapat segera ditangani guna mencegah penularan PMK terhadap hewan lain.

“Vaksinasi PMK ini, bertujuan untuk mencegah terjadinya penyebarluasan penyakit yang dialami oleh hewan ternak sapi warga, agar kondisi kesehatan sapi tetap terpelihara secara baik dan tidak terserang penyakit yang menyerang bagian kulit, mulut dan kuku,” kata dia.

Selain itu, dikatakan Novi, bahwa sebanyak 386 ekor sapi ternak warga Desa Jugosari telah diberi vaksin PMK sebanyak 11 ekor, dalam mencegah terjadinya penyebar luasan penyakit yang dialami oleh hewan ternak.

Sementara itu, Vaksinator Kecamatan Pasirian Gufron Maulana menerangkan, bahwa bahwa pelaksanaan vaksinasi PMK akan dilakukan secara menyeluruh bagi warga yang memiliki hewan ternak, karena hal tersebut merupakan perintah ataupun kebijaksanaan dari pemerintah, dalam upaya mencegah terjadinya penyebar luasan penyakit hewan ternak.

“Kepada warga yang memiliki hewan ternak, diimbau agar selalu menjaga kebersihan kandang, serta sering melakukan penyemprotan desinfektan pada kendang ternak,” pungkasnya. (Pendim 0821)

https://picasion.com/