Atasi Permasahan Sampah, TNI, Aparatur dan Masyarakat Desa Purwosono Bangun TPS 3R


Lumajang, (DOC)
- Sebagai upaya untuk memaksimalkan pengolahan sampah di wilayah, Babinsa Purwosono Koramil 0821/19 Sumbersuko bersama aparatur dan kelompok swadaya masyarakat desa setempat, melaksanakan kerja bakti pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS 3R), yang bertempat di Dusun Darungan Desa Purwosono Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (31/7/2022).

Babinsa Purwosono, Sertu Masrokim Atmajaya Putra menyampaikan, bahwa pihaknya akan terus berupaya untuk memaksimalkan pemberdayaan masyarakat, agar dapat mendukung dan membantu menyukseskan program pemerintah demi terwujudnya peningkatan kesejateraan masyarakat.

Masrokim juga menyampaikan, bahwa upaya yang dilakukannya tersebut, merupakan salah satu wujud pelaksanaan tugas pembinaan wilayah, seperti yang diharapkan komando atas.

"Sebagai bagian dari aparatur kewilayahan, selain sebagai wujud pelaksanaan tugas pembinan di wilayah, juga sebagai upaya untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan pemberdayaan mayarakat," ujar dia.

Sementara itu Kepala Desa Purwosono, Hendrik Dwi Martono mengatakan, bahwa TPS 3R merupakan upaya pendekatan pengolahan sampah, dengan melibatkan peran aktif pemerintah dan masyarakat.

Lanjut dia, TPS 3R tersebut bertujuan untuk mengurangi kuantitas serta memperbaiki krateristik sampah, yang akan diolah lebih lanjut di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) sampah.

"Dengan dibangunnya TPS 3R ini, diharapkan permasalahan sapah di wilayah dapat teratasi, sehingga memudahkan pemrosesan lebih lanjut, serta dapat meminimalisir kebutuhan lahan untuk penyediaan TPA Sampah, khususnya di wilayah perkotaan," pungkasnya. (Pendim0821).

https://picasion.com/