Antisipasi Penyebaran PMK, Satgas PMK Desa Sidomulyo Tracing 240 Ekor Hewan Ternak Warga


Lumajang, (DOC)-
Untuk mengantisipasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Satgas PMK Desa Sidomulyo lakukan tracing hewan ternak sapi dan kambing milik warga.


Hal tersebut disampaikan oleh Babinsa Sidomulyo Koramil 0821/14 Pronojiwo Sertu Agus Lasto saat Tracing Hewan Ternak Sapi bersama Bhabinkamtibmas dan PPL Peternakan Pronojiwo, di Desa Sidomulyo Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (7/7/2022).


Agus Lasno juga menyampaikan, bahwa salah satu pencegahan dengan menjaga sanitasi kandang atau pembersihan kandang sangat penting, lakukan penyemprotan disenfektan atau deterjen, apabila ada ternak panas, nafsu makan turun, malas berdiri, mulut berbusa, luka pada mulut segera menghubungi petugas.


“Kami berharap kepada warga untuk tidak takut melaporkan ke petugas, jika didapati kesehatan hewan ternak sapinya dengan ciri-ciri keluar air liur berlebihan, lepuh, (lesi pada gusi, red), luka pada kuku  (kuku terlepas, red), lepuh pada mukosa mulut agar penanganannya tidak terlambat,” ujar dia.


Dalam kesempatan itu, dirinya juga mengimbau, agar masyarakat yang memiliki hewan ternak untuk selalu menjaga kebersihan kandang dan kesehatan hewan ternaknya, serta mengantisipasi datangnya hewan ternak sapi atau kambing dari wilayah lain.


Sementara itu, PPL Peternakan UPT  Pertanian Pronojiwo Ir. Karwono mengatakan, bahwa untuk sementara dari hasil pengawasan, dan pengecekan langsung dari Babinsa serta petugas terkait lainnya, untuk hewan ternak semuanya dalam kondisi sehat.


“Masyarakat diharapkan selalu menjaga kebersihan kandang ternaknya serta lakukan penyemprotan desinfektan agar kendang selalu bersih,” harapnya. (Pendim 0821).

https://picasion.com/