42 Ekor Sapi di Dusun Kauman Desa Wonogriyo Telah Divaksinasi PMK



Lumajang, (DOC)-
Sejumlah ternak di Dusun Kauman Desa Wonogriyo Kecamatan Tekung Kabupaten Lumajang, Jawa Timur telah divaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Kamis (7/7/2022).


"Alhamdulillah, dari 132 Ekor Sapi di Dusun Kauman ada 42 Ekor yang telah divaksin Penyakit Mulut dan Kuku," ujar Plh Danramil 0821/15 Tekung, Letda Cba Sarjono saat dimintai keterangan dalam kegiatan Vaksinasi PMK.


Sarjono juga menyampaikan, bahwa tidak sedikit masyarakat yang butuh pemahaman tentang PMK, terlebih lagi menjelang Hari Raya Iduladha. Oleh karena itu, pihaknya semakin mematangkan sosialisasi kepada pemilik ternak.


Menurut Sarjono, jika masyarakat yang telah mengerti tindakan dini, saat sapi mulai terindikasi PMK, maka peningkatan kasus PMK dapat diminimalisir secara mandiri oleh warga.


"Kami akan optimalkan sosialisasi pada masyarakat, agar masyarakat, khususnya pemilik ternak mengerti apa itu PMK, maka penanganan akan sedikit terkontrol. Sebab, langkah dini tentu akan dilaksanakan mandiri oleh masyarakat, sampai nanti didatangi petugas, saat petugas menerima laporan," kata dia.


Dalam kesempatan itu, dirinya juga mengimbau, agar masyarakat tidak panik sehingga rentan melakukan langkah yang secara tidak langsung justru keliru.


"Lapor pada Babinsa, Bhabinkamtibmas atau ke petugas yang sudah disebar kontaknya agar segera ditindaklanjuti," pungkasnya. (Pendim 0821)

https://picasion.com/