-->

Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan

Iklan

Jumlah Sapi Terinfeksi PMK Bertambah Menjadi 398 Ekor

, Jumat, Mei 13, 2022 WIB


Lumajang, (DOC)-Penyebaran penularan penyakit mulut dan kuku, atau PMK di Kabupaten Lumajang Jawa Timur, terus bertambah hingga saat ini.

Sementara dari data dari Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang pada tanggal 12 Mei 2022 terdapat penambahan sebanyak 18 ekor yang awalnya 380 ekor sapi bertambah menjadi 398 ekor sapi.

Tidak hanya sapi, ada 9 ekor domba yang terdeteksi mengidap PMK.

"Sampai sekarang ada 398 ekor sapi, dan domba 9 ekor," kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang drh. Rofiah, ketika dikonfirmasi, Jumat (12/5/2022).

Selain itu, Lanjut dia, dengan bertambahnya jumlah sapi terinfekrasi PMK juga diiringi angka kematian. Sebelumnya hanya lima ekor sapi. Kini hanya mencapai 7 ekor sapi.

"Yang meninggal sampai saat ini ada 7 ekor sapi," ujarnya.

Lebih lanjut Rofiah mengatakan bahwa pertambahan jumlah sapi yang terjangkit merupakan kewajaran lantaran proses pendataan masih terus berlangsung.

"Setiap hari tentu ada pertambahan karena proses pendataan masih berlangsung," katanya.

Ia menambahkan proses penyusunan satgas sudah selesai dan tinggal menunggu persetujuan. Nantinya satgas akan diisi oleh OPD terkait, Satpol PP, TNI dan Polri.


Menurut Rofiah saat ini pihaknya masih menunggu vaksin yang akan didistribusikan oleh Kementerian Pertanian,

Namun sekarang adalah melakukan pendataan, pengobatan terhadap sapi yang terjangkit dan penyemprotan disinfektan di kandang sapi milik warga dan pasar hewan terus dilakukan.

"Langkah yang dilakukan untuk sapi yang sakit akan dilakukan pemeriksaan Puskewan, kemudian dilakukan pengobatan, dan penyemprotan disinfektan," jelasnya.

Rofiah meminta warga untuk tidak panik menghadapi wabah PMK yang menyerang tiba-tiba. Sebab, menurut Rofiah, PMK pada hewan ternak masih bisa disembuhkan meski memerlukan waktu.

"Masyarakat diharap tidak panik karena kalau PMK nya belum parah masih bisa diobati," pungkasnya (Imam)

Komentar

Tampilkan

  • Jumlah Sapi Terinfeksi PMK Bertambah Menjadi 398 Ekor
  • 0

Terkini

Tag Terpopuler