Tiga Pelaku Curanmor Diringkus Polsek Tekung


Lumajang, (DOC)-
Tiga kawanan pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) jenis sepeda motor yang selama ini meresahkan masyarakat berhasil diringkus Unit Reskrim Polsek Tekung.

Kapolres Lumajang AKBP Dewa Putu Eka Darmawan melalui Kapolsek Tekung  Iptu Ari Hartono mengatakan, pelaku yang diamankan yakni AH (31) warga Sawaran Lor, Kecamatan Klakah, M (32) warga Desa Tegalciut, Kecamatan Klakah, dan DF (27) warga Desa Banyuputih Lor, Kecamatan Randuagung.

"Ketiga pelaku ditangkap polisi ditempat yang berbeda," kata Ari Hartono, Sabtu (16/4/2022).

Penangkapan terhadap ketiganya awalnya, Polisi mengamankan DF saat tengah berada di rumahnya di Banyuputih Lor, Kecamatan Randuagung.

Tidak lama kemudian, setelah mendapatkan pengakuan dari tersangka DF, polisi langsung melakukan pengejejaran terhadap kedua tersangka  AH dan M.

"kedua tersangka AH dan M ini kami tangkap saat tengah berada di rumah temannya di Desa kalidilem, Kecamatan Randuagung," ungkapnya.

Ari Hartono mengungkapkan, penangkapan ketiga tersangka berawak dari adanya laporan masyarakat atas kejadian pencurian sepeda motor di Desa Karanbendo, Kecamatan Tekung, pada 8 April lalu.

Saat itu, lanjut Ari, korban memakirkan sepeda motornya di area persawahan Desa Karangbendo, saat ditinggal untuk menyiangi gulma atau rumput liar(matun).

Berselang beberapa jam kemudian korban hendak pulang melihat sepeda motor Honda varip Nopol 4120 UC dibawa kabur pelaku.

"Korban sempat berlari mengejar namun, pelakunya dengan cepat membawa kabur motor korban menuju arah barat dari TKP," ungkap Ari.

Selain meringkus tersangka, polisi juga berhasil mengamankan motor Vario milik korban, serta 1 unit kendaraan lain Yamaha Vixion dan sebuah kunci leter Y yang diduga digunakan pelaku untuk melancarkan aksinya.

"Modusnya yang digunakan pelaku ini yakni dengan cara merusak kunci kontak kendaraan dengan menggunakan kunci leter Y," imbuhnya.

Atas perbuatannya ketiga pelaku tersebut dijerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman pidana penjara paling lama 7 tahun.(mam)

 




https://picasion.com/