-->

Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan

Iklan

Sambut Ramadhan, Penyintas Semeru Gelar Kirap Nasi Tumpeng dan Hasil Bumi

, Jumat, April 01, 2022 WIB


Lumajang, (DOC)-
Menyambut datangnya bulan Suci Ramadhan, Para penyintas semeru bersama warga Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro menggelar kirap tumpeng dan hasil bumi, Jumat (1/4/2022) sore.


Dengan antusias penyintas dan warga Desa Penanggal berjalan kaki membawa nasi setinggi dua meter dan dua tumpuk hasil bumi dibawa dari Pemandian Tirtosari menuju lapangan Desa Penanggal.


Pertunjukan kirab yang menempuh jarak kurang lebih 2 km mereka membawa nasi tumpeng dan hasil bumi diiringi irama musik kentongan yang mereka mainkan dengan merdu.


Beberapa warga secara bergantian juga turut membantu memanggul tumpeng dan hasil bumi. 


Setiba di Lapangan Penanggal, hasil bumi jadi rebutan masyarakat dan para penyintas semeru. Selain itu dilakukan pemotongan tumpeng oleh Royal House merupakan perkumpulan seniman dan budaya dari Jogjakarta diberikan kepada Camat Candipuro.


Usai pemotongan tumpeng,penyintas, masyarakat dan relawan diajak makan bersama nasi tumpeng.


Sekretaris Desa Penanggal, Muhfidun Alamin menjelaskan, acara pawai budaya kirap tumpeng dalam rangka acara kenduri ta kresnan bumi Mahameru ini dalam rangka mensyukuri nikmat pertama menjelang buka suci Ramadhan.


Lanjut dia, ini merupakan rasa syukur nikmat bagi para penyintas yang dipanjatkan penyintas karena telah selamat dari bencana erupsi Gunung Semeru pada 4 Desember 2021 silam. 




"Ini bukti rasa syukur para penyintas yang tinggal di pengungsian desa penanggal karena mereka telah terselamatkan dari erupsi gunung semeru pada desember silam," Ujarnya.


Alamin mengatakan, gunungan hasil bumi ini menandakan bahwa pihaknya berharap semeru kembali seperti semula, dan dalam baik-baik saja.


"Acara ini terselenggara itu atas adanya partisipasi dari  beberapa pihak terutama ada royal house itu perkumpulan seniman dan budaya Jogjakarta, dan Tabloid KR yang mensupport kegiatan ini," katanya.


Sementara itu, Rahmat warga Desa Penanggal mengatakan, acara kirap tumpeng ini kegiatan rutin dilakukan menjelang bulan suci Ramadhan.


Menurutnya, momen kali ini lebih spesial, karena dengan keberadaan penyintas semakin memeriahkan suasana.


"Selama dua tahun tidak ada kegiatan ini. . Kirab sekarang bisa dikatakan sebagai ajang berbagi rasa syukur bersama penyintas," ungkap Rahmat. (Imam)

Komentar

Tampilkan

  • Sambut Ramadhan, Penyintas Semeru Gelar Kirap Nasi Tumpeng dan Hasil Bumi
  • 0

Terkini

Tag Terpopuler