-->

Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan

Iklan

Perpusnas Gelar Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat Kabupaten Lumajang

, Senin, April 25, 2022 WIB


Lumajang, (DOC)-
Perpustakaan Nasional menggelar peningkatan indeks literasi masyarakat untuk kesejahteraan di Kabupaten Lumajang, Senin (25/4/2022).

Acara digelar di Pendopo Arya Wiraraja dihadiri Deputi Bidag Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Perpustakaan Nasional RI Deni Kurniadi. Anggota Komisi X DPR RI Muhammad Nur Purnamisidi, Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati, dan Plt Kepala Dinas Perpustakaan kabupaten Lumajang Abdul Majid.

Dalam acara itu, dilaksanakan pengukuhan Bunda Literasi dan penyematann selempang Bunda Literasi kepada Wabup Lumajang Indah Amperawati oleh Deni Kurniadi.

Dalam sambutannya, Deputi Bidag Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Perpustakaan Nasional RI Deni Kurniadi menyampaikan, dalam sambutan Presiden Joko Widodo saat pembukaan G20 pada 1 Desember 2021 lalu menghasilkan fokus tiga pembahasan strategis.

Tiga strategis pertama Pertama, penanganan kesehatan yang inklusif. Kedua, transformasi berbasis digital. Ketiga, transisi menuju energi berkelanjutan.

"Dua kebijakan Pemerintah yaitu Peningkatan SDM unggul dan melanjutkan infrastruktur dan meningkatkan salah satu teknologi akan jadi fokus perhatian pemerintah pada tahun 2022," jelasnya.

Deni Kurniadi menjelaskan, tujuannya adalah meningkatnya pemasyarakatan dan  promosi tentang pentingnya perpustakaan dan kegemaran membaca kepada masyarakat secara langsung melalui event/promosi yang bersifat informatif, komunikatif, edukatif, dan entertaining (edutainment) di Kabupaten Lumajang.

Tujuan berikutnya adalah, meningkatnya motivasi dan  peran serta masyarakat pentingnya literasi dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan.

"Membentuk ekosistem literasi serta gerakan sosial pembudayaan gemar membaca dan peningkatan indeks literasi baik dilingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, maupun pemerintah," jelasnya.

Sementara Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati menyampaikan, minat baca perlu dipupuk sejak usia dini mulai dari lingkungan keluarga.

"Minat Baca yang tinggi didukung dengan ketersediaan bahan bacaan yang bermutu dan terjangkau akan mendorong pembiasaan membaca dan menuliss, baik di sekolah maupun di masyarakat," jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan penyerahan cinderamata oleh Wakil Bupati Lumajang kepada Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Perpustakaan Nasional RI.

Kemudian penyerahan Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan,
Perpustakaan Nasional RI Anggota Komisi X DPR RI, Kepala Pelaksana BPBD, Dosen UNIPAR, Bunda Literasi, Perpusdes Labruk Kidul.(Mam)








Komentar

Tampilkan

  • Perpusnas Gelar Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat Kabupaten Lumajang
  • 0

Terkini

Tag Terpopuler