Dua Truk Penambang Terseret Banjir Lahar Dingin Gunung Semeru


Lumajang, (DOC)
-Akibat hujan deras menyebabkan banjir lahar dingin di DAS Gung Semeru. Akibatnya Dua truk bermuatan batu terseret derasnya banjir lahar dingin Gunung Semeru, di Kali Regoyo, Dusun Glendang Petung Desa Gondoruso Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, Selasa (19/4/2022).

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, pasalnya sopir truk berhasil menyelamatkan diri dengan cara melompat sebelum banjir lahar dingin menerjang.

Kedua truk yang terseret banjir lahar dingin merupakan milik warga Jember, dengan Nopol P 9884 PN terjebak banjir di Dam Kaliregoyo. Kemudian Truk Nopol P 8808 PN terbawa arus sungai dan jatuh dari dam kaliregoyo.

"Kedua truk waktu sedang mengisi batu di sungai kali regoyo, tidak lama kemudian banjir lahar dingin datang, Kedua truk berusaha keluar dari tambang namun keburu terseret banjir lahar," ujar salah satu penambang.

Dari pantauan Pos Pantau Gunung Semeru di Gunung Sawur, terjadi hujan deras di Puncak Gunung Semer. Hal ini terdeteksi melalui seismometer yang menunjukkan getaran banjir dengan amplitudo maksimal 37 mm.(Imam)

https://picasion.com/