-->

Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan

Iklan

Beraksi di 22 TKP, Pelaku Curanmor Diringkus Polisi

, Senin, April 18, 2022 WIB


Lumajang, (DOC)-
Polres Lumajang ringkus tiga orang pelaku pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) roda dua yang kerap beraksi di wilayah Kabupaten Lumajang.

Pelaku ini telah melakukan aksinya di 22 Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Dalam beraksi pelaku mencuri sepeda motor dengan merusak kunci sepeda motor dengan menggunakan kunci T.

Ketiga pelaku masing-masing bernama Samidi (32) warga Dusun Krajan, Desa Selok Anyar, Suhaeri (44) dan Kusnanto (48) keduanya warga Desa Selok Awar-Awar, Kecamatan Pasirian.

"Dua tersangka Suhaeri dan Kusnanto perannya adalah seorang penadah hasil curian. Sedangkan Samidi pelaku yang melakukan pencurian," Ujar Kapolres Lumajang AKBP Dewa Putu Eka Darmawan, Senin (18/4/2022) saat menggelar konferensi pers di Loby Mapolres Lumajang.

Pengungkapan kasus pencurian sepeda motor berdasarkan laporan korban atas nama Budi Sunarko (52) warga Desa Pulo, Kecamatan Tempeh yang kehilangan sepeda motornya pada 3 Januari 2022 lalu di Dusun Gaplek, Desa Pasirian, Kecamatan Pasirian.

"saat itu korban memakirkan sepeda motornya di persawahan dalam kondisi terkunci stir dan ditinggal untuk menanam kacang panjang," ujarnya.

Usai menanam kacang panjang, korban akan pulang namun sepeda motor yang dipakir didalam pondok tengah sawah dibawah kabur oleh pelaku.

"Tersangka mengambil sepeda motor milik korban dengan cara merusak kunci sepeda motor korban dengan menggunakan kunci palsu leter T dan di dalam Jok sepeda motor ada 2 buah Handphone milik korban," ungkap Dewa Putu.

Berdasarkan laporan korban itulah, polisi melakukan penyelidikan hingga berhasil menangkap tersangka Samidi saat berada di Jalan Raya Condro, Desa Kebonan, Kecamatan Pasirian.

"Untuk tersangka Suhaeri dan Kusnanto kami tangkap saat berada di SPBU Arjosari Kota Malang," jelasnya.

Kapolres mengungkapkan, dari hasil pengembangan kasus curanmor tersangka Samidi telah melakukan aksi pencurian di 22 TKP.

"Selain berhasil menangkap pelaku curanmor beserta penadahnya, polisi juga mengamankan 5 unit motor, 1 bh kunci T, 8 bh mata kunci T, serta 2 buah senjata tajam berupa celurit," jelasnya.

Dalam aksinya, pelaku ini mengincar motor milik warga yang diparkir di area persawahan maupun dipinggir jalan dengan modus Pelaku mengambil motor korban dengan cara merusak lobang kunci menggunakan kunci T.

"Hasil pencurian sepeda motor pelaku menjual ke seorang penadah dengan harga Rp 700-900 ribu," tutur Dewa.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kini para pelaku terpaksa harus mendekam di sel mako Polres Lumajang.

“Pelaku dijerat dengan Pasal 363 ayat (1) ke 4 dan ke 5 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan yang terancam hukuman maksimal 7 tahun penjara. Sedangkan untuk penadah dikenakan Pasal 480 KUHP,” pungkasnya.(Imam)






Komentar

Tampilkan

  • Beraksi di 22 TKP, Pelaku Curanmor Diringkus Polisi
  • 0

Terkini

Tag Terpopuler