TNI dan Warga Wonosari, Gotong Royong Bersihkan Pemakaman Umum


Lumajang, (DOC)
– Wujud kebersamaan dan kegotongroyongan merupakan tradisi bangsa Indonesia yang harus terus dilestarikan, untuk itu kami sebagai mitra di wilayah sebagai pendukung melakukan tugas-tugas (Binter) Pembinaan Teritorial kewilayahan, salah satu contoh kegiatan Karya Bhakti TNI membantu memajukan pembangunan di desa binaan.


Hal tersebut disampaikan oleh Babinsa Wonosari Koramil 0821/15 Tekung Serma Rudy Rusmianto, saat usai melaksanakan karya bakti bersama warga setempat melakukan pembersihan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Dusun Krajan RT 002 RW 001 Desa Wonosari Kecamatan Tekung Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Jumat (18/3/2022).


Rudy juga menambahkan, bahwa kegiatan tersebut merupakan suatu tugas bersama dalam membantu pemerintah dalam mengaktifkan Jumat Bersih di wilayah, yang bertujuan disamping pihaknya sebagai penyemangat dan memotovasi warga untuk peduli kebersihan, juga sebagai tujuan melakukan sinergisitas antara Pemerintah Daerah, jajaran TNI, dan masyarakat, dalam rangka mewujudkan kebersihan lingkungan.


“Ini juga merupakan upaya tugas kami sebagai salah satu wujud implementasi pembinaan teritorial kepada pemerintah desa dan masyarakat selalu siap untuk mendukung setiap kegiatan, termasuk kegiatan hari ini melaksanakan pembersihan makam Dusun Krajan yang yang dilaksanakan secara berkala setiap truwulan kami selalu hadir,” ujar dia.


Sementara itu, Kepala Desa Wonosari Nur Khotib penyampaikan, bahwa pihaknya sangat senang yang mana warganya dengan semangat melaksanakan kerja bakti dengan penuh kesadaran, juga tujuan dilaksanakan kebersihan tempat pemakaman umum merupakan kepedulian bersama yang mana nantinya makam akan kelihatan bersih, dan menjadikan suasana yang lebih nyaman bagi peziarah.


Kegiatan tersebut merupakan tradisi kearifan lokal, sebagai nilai luhur serta bentuk rasa hormat dan beban moral untuk menghargai jasa para leluhur yang telah meninggal dunia.


“Kami juga berterima kasih kepada Babinsa Wonosari yang sudah meluangkan waktu untuk hadir dalam melaksanakan karya bakti ini, yang selalu mendukung, memotivasi dan mensupport warga kami akan pentingnya kebersihan, juga kegiatan ini merupakan momentum sebagai wujud gotong-royong untuk menjalin kedekatan kemanunggalan antara TNI dan Rakyat,” katanya (Pendim 0821).

https://picasion.com/