-->

Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan

Iklan

Peringati HPSN 2022, Pemkab Lumajang Bersama Warga Bersih-bersih Sungai Kaliasem

, Jumat, Maret 04, 2022 WIB


Lumajang, (DOC)-
Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2022 Pemkab Lumajang bersama warga bersih-bersih sampah di Sungai Kaliasem, Jumat (4/3/2022).


Para ASN Pemkab Lumajang dibantu sejumlah komunitas peduli lingkungan dan masyarakat sekitar melakukan bersih-bersih sungai dilakukan disekitar pemukiman warga Kelurahan Rogotrunan, Kecamatan Lumajang yang berada di sepanjang bantaran Kali Asem.


Kegiatan tersebut tampak diikuti Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati.


Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati berharap masyarakat di sekitar Kali Asem diminta untuk tidak lagi membuang sampah di sungai, apalagi berkegiatan yang sampai mencemari sungai.


"Bersih-bersih sampah sudah oke, terutama masyarakat di sepanjang bantaran sungai jangan membuang sampah di sungai, kebersihan dan keindahan itu penting," ungkapnya.


Bunda Indah juga meminta, agar masyarakat untuk turut menjaga kebersihan sungai.


"Menjaga bersama untuk tidak membuang sampah di sungai, tidak membuat sungai tercemar," terang dia.


Wabup meminta, adanya upaya normalisasi Kali Asem. Mengingat, saat ini kali asem hanya memiliki fungsi sebagai aliran sungai kurang lebih 30 persen, sisanya tanah.


"Sungai ini paling tinggal 30 persen, selebihnya tanah, kan ini sedih lihatnya, pantas saja daerah ini dulu yang tidak pernah bajir jadi banjir karena sungainya tidak mampu menampung air secara maksimal," ungkapnya.


Indah juga mengungkapkan, bahwa Pemerintah Kabupaten Lumajang telah bersurat kepada Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PUSDA) Provinsi Jawa Timur untuk melakukan normalisasi, namun sampai saat ini belum ada tindaklanjut.


Dirinya optimis, jika sudah dilakukan normalisasi sungai, maka kali asem akan tampak lebih bersih dan indah, orang-orang yang berniat membuang sampah akan mengurungkan niat untuk kembali mencemari sungai dengan sampah


"Gak selesai disini, begitu normalisasi sungainya jadi indah orang juga akan sadar, dan tidak lagi akan buang sampah di sungai," terangnya. 


Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang Hertutik mengatakan, bahwa peringatan HPSN kali ini dilakukan beberapa kegiatan yang mendukung masyarakat untuk melakukan pengelolaan sampah secara mandiri.


Oleh karena itu, dirinya berharap momentum peringatan HPSN Tahun 2022 ini dapat membangkitkan semangat masyarakat untuk peduli dan melakukan pengelolaan sampah secara mandiri.


"Masyarakat mandiri sampah artinya mengajarkan kepada masyarakat terkait pengelolaan sampah, memanfaatkan dan memilah sampah, ada bank sampah ada pergerakan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat," pungkasnya. (Imam)

Komentar

Tampilkan

  • Peringati HPSN 2022, Pemkab Lumajang Bersama Warga Bersih-bersih Sungai Kaliasem
  • 0

Terkini

Tag Terpopuler