Masyarakat Desa Selokgondang Lumajang Diminta Aktif Manfaatkan Posyandu


Lumajang, (DOC)–
Untuk mencetak generasi milenial yang sehat dan kuat, Babinsa Selokgondang Koramil 0821/02 Sukodono Serka Imam Khudori meminta masyarakat memanfaatkan pelayanan kesehatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), terutama anak-anak, ibu hamil dan balita.

“Saya harap masyarakat bisa aktif membawa anak-anak, ibu hamil maupun balita untuk datang ke Posyandu terdekat, agar kesehatan dan pemenuhan gizinya dapat terjaga dengan baik,” ujar dia saat monitoring kegiatan Posyandu Rambutan, di Dusun Laspoleng Desa Selokgondang Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (14/3/2022).

Imam juga menyampaikan, bahwa Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) merupakan kegiatan kesehatan yang diperuntukkan warga dilingkungan Rukun Warga (RW), yang tujuannya sebagai upaya mengetahui sejauh mana kesehatan Balita dan Ibu hamil terpantau oleh petugas kesehatan melalui kader-kader dilingkungan masing-masing.

Menurutnya, peran sertanya dalam mendampingi kegiatan Posyandu, merupakan salah satu upaya melaksanakan tugas pembinaan wilayah,  terhadap kesehatan masyarakat, bagi Balita dan ibu hamil di tingkat RT dan RW.

“Posyandu diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat, melalui kader-kader dimasing-masing lingkungan, dengan demikian upaya kami selaku mitra terus memberikan dorongan kepada warga untuk memanfaatkan Posyandu sebagai sarana berkomunikasi sebagai wujud kepedulian kita terhadap kesehatan masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Bidan Desa Selokgondang Praditina Setyowati, Amd. Keb., menjelaskan, bahwa Posyandu merupakan upaya pemerintah melalui dinas kesehatan dan PLKB untuk memudahkan masyarakat memperoleh pelayanan di bidang kesehatan, serta monitoring dalam mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi, baik saat kehamilan, persalinan maupun perawatan setelah melahirkan.

Lanjut dia, dalam kegiatan posyandu, tidak hanya berinteraksi ke pelayanan kesehatan saja, tetapi juga memberikan vitamin dan asupan makanan tambahan, agar dapat meningkatkan gizi untuk balita dan ibu hamil.

“Terima kasih kepada Babinsa yang telah aktif mendampingi setiap pelaksanaan Posyandu di Desa Selokgondang. Semoga upaya bersama ini dapat meningkatkan kesehatan masyarakat, bagi ibu hamil, anak-anak dan balita yang ada di Dusun Laspoleng Desa Selokgondang,” jelasnya. (Pendim 0821/Wy)

https://picasion.com/