-->

Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan

Iklan

Tinjau Lokasi Relokasi, Kepala BNPB Dorong Percepatan Pembangunan Huntara dan Huntap

, Selasa, Februari 15, 2022 WIB

Kepala BNPB Tinjau lokasi Relokasi

Lumajang, (DOC)-
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto meninjau progres pembangunan hunian tetap (tetap) dan hunian sementara (huntara) bagi masyarakat terdampak erupsi semeru di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, kabupaten Lumajang, Selasa (15/2/2022).

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto didampingi Bupati Lumajang Thoriqul Haq meninjau lokasi langsung pembangunan huntara dan huntap yang sedang berlangsung.

Dalam kunjungannya, Kepala BNPB menilai bahwa pembangunan huntap termasuk cepat. Mantan Pangdam V Brawijaya itu tetap akan mendorong agar proses tersebut dapat lebih dipercepat lagi sehingga manfaatnya segera dirasakan masyarakat.

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto mengatakan, pasca awan panas guguran Gunung Semeru pada 4 Desember 2021 lalu cukup besar, sehingga ribuan masyarakat yang terdampak harus direlokasi.

"Penanganan bencana, tanggap darurat 3 minggu, dilanjutkan tahap peralihan yang sampai sekarang masih berlangsung, salah satu dilakukan tahap pemulihan atau peralihan adalah relokasi, penyediaan lahan ada 81 ha, dibangun huntara dan huntap bagi 2007 masyarakat yang direlokasi," ujarnya.

Pembangunan huntap dan huntara di Desa Sumbermujur telah mencapai huntara 234 unit, sementara huntap telah mencapai 635 unit terhitung sejak dimulainya pembangunan pada 4 Januari 2022 hingga 15 Februari 2022.

"Huntara lambat karena dikerjakan berbagai lapisan masyarakat dengan sukarela, sedangkan huntap dilakukan BUMN dibawah koordinasi PUPR, karena PUPR lebih cepat," jelas Suharyanto.

Ia menjelaskan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana sebagai institusi yang bertanggung jawab terkait penanganan bencana ini akan segera melaksanakan rapat koordinasi dengan para penyelenggara atau pembangun hunian sementara agar diketahui dimana keluhan dan kekurangannya  supaya lebih cepat lagi pengerjaannya

"Alhamdulillah ini sudah bisa terlaksana dengan cukup cepat dan mungkin dibandingkan dengan penanganan bencana-bencana lain terkait dengan relokasi pembangunan rumah bagi masyarakat yang terdampak termasuk di Lumajang ini cukup cepat," ujar Suharyanto. (Imam)

Komentar

Tampilkan

  • Tinjau Lokasi Relokasi, Kepala BNPB Dorong Percepatan Pembangunan Huntara dan Huntap
  • 0

Terkini

Tag Terpopuler