Warga Yang Ingin Urus STNK, SIM dan BPKB Wajib Sudah Divaksin


Lumajang, (DOC)
-Pencapaian vaksinasi di Kabupaten Lumajang masih belum maksimal membuat pemerintah setempat menggenjot program tersebut, salah satunya dilakukan oleh satlantas Polres Lumajang.

Kasat Lantas Polres Lumajang AKP Bayu Halim Nugroho mengatakan, setiap masyarakat yang hendak mengurus STNK, BPKB, dan SIM wajib sudah divaksin menunjukkan sertifikat, atau  aplikasi PeduliLindungi.

"Semua sentral pelayanan yang ada di Satlantas baik itu pengurusan wajib pajak, pengurusan STNK, BPKB, pengurusan SIM, dan juga pengurusan tilang semua wajib melampirkan bukti vaksin," ujar Bayu ketika ditemui diruang kerjanya, Selasa (11/1/2021).

Ia mengatakan wajib vaksin bagi masyarakat tersebut berdasarkan Perintah Presiden Joko Widodo tentang pengadaan dan penanggulangan pandemi Covid-19, dan  Perintah ini sebagai upaya pencegahan penularan dan penyebaran COVID-19.

"Kami berharap masyarakat memahami aturan ini dan memastikan sudah divaksin saat di tempat pelayanan publik seperti mengurus SIM dan Samsat. Ini upaya mencegah penyebaran dan penularan COVID-19 di tempat pelayanan publik,” kata Bayu.

Bagi masyarakat yang belum divaksin, menurut Kasatlantas masyarakat bisa melakukan vaksin yang telah disediakan oleh Polres Lumajang tempatnya di Urkes belakang satpas Satlantas Polres Lumajang.

"Bagi yang baru dosis pertama wajib melanjutkan dosis kedua dan bagi yang tidak bisa vaksin atau yang belum vaksin karena ada alasan tertentu wajib melampirkan surat alasan dan penyebabnya oleh Unkes atau instansi kesehatan terkait," terangnya.


Bayu mengatakan, Program vaksinasi tersebut merupakan usaha bersama agar “herd immunity” di Lumajang segera tercipta dan transisi dari pandemi ke endemi segera terjadi.

"Kami menghimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat karena hard imunity itu sangat penting karena secara fisik kuat," tuturnya.

Lebih lanjut  Bayu menjelaskan, tindakan dilakukan ini untuk menerapkan salah satu implementasi dari percepatan vaksinasi di wilayah Jawa timur khususnya Lumajang, karena Lumajang saat ini termasuk salah satu daerah dengan tingkat vaksinasi rendah se Jawa timur.


"Kami dari Satlantas Polres Lumajang dalam rangka untuk mempercepat vaksinasi kami sedikit memberikan terobosan memberikan upaya paksa sedikitnya pada masyarakat, karena vaksinat kita rendah juga bukan karena siapa-siapa, ya karena tingkat kesadaran dan partisipasi rendah," ungkapnya.(Imam)

https://picasion.com/