-->

Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates

Iklan

Iklan

Iklan

Rumah Pintar Juanda Cendekia Berikan Edukasi Kepada Siswa SD di Disarpus

, Rabu, Januari 26, 2022 WIB


Lumajang, (DOC)
-Rumah Pintar Juanda Cendekia dibawah Pembinaan Pusat Penerbangan TNI AL (Puspenerbal) Juanda mengujungi kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lumajang, Selasa (25/1/2022).


Dalam kunjungannya, rumah pintar juada memberikan edukasi kepada puluhan pelajar Siswa SD yang ada di kota Lumajang.


Ketua Rumah Pintar dan ketua Museum Penerbangan TNI AL Letkol Laut Tatang Yanuar mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan di Perpustakaan Lumajang merupakan salah satu program dari Rumah Pintar Juanda Cendekia yakni safari rumah pintar.


"Kegiatan safari rumah pintar tak hanya di Lumajang, tetapi juga dilaksanakan di kota-kota yang ada di Jawa Timur," ujarnya.


Tatang Yanuar menjelaskan, Tujuannya adalah untuk memberikan edukasi kepada anak-anak kemudian memberikan wawasan kebangsaan, menanamkan kecintaan tanah air, melatih kerjasama, kekompakan. 


"Tujuannya tidak lain adalah untuk menanamkan ya istilahnya itu rasa cinta terhadap bangsa dan negaranya kemudian sekaligus mengenalkan penerbangan dari angkatan laut," jelasnya.


Sementara itu, Wakil ketua Rumah Pintar Juanda Cendekia Marsudi menyampaikan materi yang diberikan mengajak siswa SD betul-betul menguasai tentang potensi maupun kebesaran negaranya.


"Negara kita yang begitu banyak pulaunya 17 ribu lebih, potensinya baik di darat di laut itu sangat besar, itu harus kita bangkitkan sejak dini,"tuturnya.


Kemudian kedua materi pembinaan mental anak-anak. Karena kadang-kadang anak menghargai sopan santun, budi pekertinya kurang.


Selain itu, materi yang ketiga memberikan permainan-permainan tradisional yang mungkin sudah dilupakan.


"Permainan tradisional yang kita berikan a tarik tambang, ada klompen, ada surung pelek, ada egrang," Ujar Marsudi.


Dijelaskan dia, tujuan dengan materi yang diberikan kepada pelajar siswa SD ini agar anak-anak ekarang sudah konsentrasi pada HP itu mulai kita kurangi.


"satu jam tanpa HP, artinya mereka bergiat dengan kegiatan-kegiatan permainan lama tradisional tapi disitu filosofinya sangat tinggi. Ada kebersamaannya, ada strateginya, ada disitu komunikasi untuk kekompakannya dan sebagainya. Itulah yang kita berikan dan nanti.," terang Marsudi.


Selain itu, lanjut dia, Rumah Pintar Juanda Cendekia membangkitkan minat baca anak lewat literasi. Karena anak di suruh membaca saja tidak mau.


"Mereka kita ajak mendongeng, bercerita dan diberikan sisipan permainan-permainan yang sifatnya disitu sebenarnya untuk meningkatkan minat baca," tuturnya.


Menurut Marsudi, minat baca anak-anak yang ada di Indonesia tergolong sangat rendah. Hanya dibawah 7% minat baca anak. 


"Padahal di Jepang itu sudah 87% kita sangat ketinggalan jauh.

 Inilah salah satu misi kita ke daerah-daerah keliling Jawa timur itu salah satunya membangkitkan minat baca," pungkasnya.

Komentar

Tampilkan

  • Rumah Pintar Juanda Cendekia Berikan Edukasi Kepada Siswa SD di Disarpus
  • 0

Terkini

Tag Terpopuler