-->

Iklan

https://picasion.com/

Salurkan Kartu BPJS Untuk Relawan Semeru, Puan: Terima Kasih Pahlawan Kemanusiaan

, Senin, Desember 20, 2021 WIB
https://picasion.com/


Lumajang, (DOC)-
Selain mengunjungi pengungsi, Ketua DPR RI Puan Maharani menyalurkan Kartu BPJS Tenaga Kerja Bukan Penerima Upah (BPJS TK BPU) untuk relawan bencana erupsi Gunung Semeru. Ia pun menyampaikan apresiasi bagi para relawan yang membantu penanganan erupsi Semeru, khususnya kepada warga.

Pemberian kartu BPJS TK BPU diberikan secara simbolis kepada 100 relawan dan petugas dari tim BPBD di lapangan SDN Pronojiwo, Lumajang, Senin (20/12/2021). Total ada 2.500 relawan dan petugas yang akan mendapatkan BPJS TK BPU dari BPJS Ketenagakerjaan.

“Saya ucapkan terimakasih atas perjuangan teman-teman relawan yang saya pantau sudah gerak cepat membantu para korban sejak awal. Sungguh teman-teman relawan adalah pahlawan kemanusiaan,” kata Puan yang memberikan Kartu BPJS TK BPU secara simbolis kepada relawan perempuan.

BPJS TK BPU memberikan jaminan bagi para relawan apabila mengalami kecelakaan kerja saat membantu recovery Semeru. Sejumlah manfaat yang didapat untuk relawan seperti biaya rumah sakit penuh hingga pemberian santuan terhadap kecelakaan cacat tetap maupun cacat sementara.

Dengan kartu BPJS TK BPU, relawan juga mendapat jaminan kematian senilai Rp 42 juta.  Puan mengatakan, negara menyadari bahwasanya relawan di lapangan berjuang dengan tingkat bahaya maupun risiko yang tinggi saat membantu pemulihan dampak erupsi Gunung Semeru.
 
“Karena itu keberadaan kartu BPJS TK BPU ini kami harap memberikan sedikit ketenangan hati kepada teman-teman relawan. Tentu doa dan harapan kita teman-teman relawan selalu menjaga keselamatan dan kesehatan,” ucap perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI ini.

Puan pun memberikan pesan kepada relawan yang membantu petugas berjibaku di lokasi terdampak letusan Gunung Semeru. Ia mengingatkan agar koordinasi dilakukan secara optimal agar kerja sama berjalan dengan lancar.

“Teruslah berkoordinasi erat dengan BNPB dan BPDB setempat agar mendapat informasi terbaru tentang tingkat bahaya di tiap-tiap titik,” imbau Puan.

Mantan Menko PMK ini memastikan pihaknya akan terus mendorong agar kebutuhan relawan juga diperhatikan. Menurut Puan, jerih payah para relawan yang dilakukan sukarela harus mendapat penghargaan sebaik-baiknya.

“DPR RI akan terus mengingatkan dan mendorong negara agar memperhatikan teman-teman relawan, pahlawan kemanusiaan, yang sudah membantu saudara-saudari kita yang menjadi korban bencana,” tegas Cucu Proklamator RI Bung Karno tersebut.

Nantinya kartu-kartu fisik BPJS TK BPU akan dikirimkan kepada 2.500 relawan pada Senin (27/12) mendatang. Informasi data-data relawan saat ini sedang dikumpulkan oleh BPBD Jawa Timur.

Tiga perwakilan relawan yang menerima kartu BPJS TK BPU dari Puan hari ini adalah Agus Harianto, Sofyan Hadi, Nurafiah Indira Fazhni. Penyaluran kartu BPJS TK BPU turut dihadiri Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jakarta Kebonsirih, Tonny WK dan Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Jawa Timur, Deny Yusyulian.(Mam)

Komentar

Tampilkan

Terkini