Ratusan Sopir dan Kondektur Bus Jalani Tes Urine di Terminal Minak Koncar


Lumajang, (DOC)-
Demi keselamatan berlalu lintas selama mudik Natal dan Tahun Baru 2021, ratusan bus angkutan umum menjalani tes urine di Terminal Minak Koncar, Desa Wonorejo, Kecamatan Kedungjajang, Lumajang, Jumat (24/12/2021). 


Selain itu sejumlah sopir dan kondektur bus juga dilakukan swab antigen dan suntik vaksinasi.


Tes kesehatan tersebut diperuntukkan guna memastikan kondisi sopir saat mengemudikan kendaraan angkutan umum tidak dipengaruhi minuman beralkohol dan narkoba. Ratusan Sopir dan kondektur bus juga tak luput dari pemeriksaan tersebut.


Kegiatan pemeriksaan urine dipimpin langsung Wakapolres Lumajang Kompol Kristiyan B. Martino, dan Kasat Resnarkoba Polres Lumajang AKP Ernowo.


Kasatnarkoba Polres Lumajang AKP Ernowo mengatakan digelarnya tes urine secara serentak se-Jawa Timur untuk menjamin keamanan dan kenyamanan penumpang saat libur natal dan tahun baru 2022.


"Kita sengaja tes urin kepada sopir dan kondektur dengan tujuan menjamin keamanan dan kenyamanan penumpang khususnya saat natal dan tahun baru," jelasnya


Dari hasil pemeriksaan petugas, tes urine yang menyasar sopir dan kondektur hasilnya negatif.


"Sebanyak 100 orang awak bus sudah menjalani tes urine hasil pemeriksaan supir dan kondektur hasilnya negatif," ujarnya. (Imam)


Ernowo menjelaskan, tujuan melaksanakan tes urine kepada sopir dan kondektur dalam menyikapi operasi lilin dalam rangka natal dan tahun baru.


"Tujuan utama pengemudi membawa penumpang, jangan sampai pengemudi memakai narkoba karena itu sangat membahayakan penumpang," ujarnya. (Imam)

https://picasion.com/