Malam Natal, Polisi Amankan Puluhan Motor Knalpot Brong dan Pria Bawa Sajam


Lumajang, (DOC)
-Puluhan kendaraan sepeda motor dengan knalpot brong terjaring dalam patroli hunting yang digelar Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Lumajang. Sabtu (25/12/2021) malam.

Kegiatan itu dilakukan dalam upaya meningkatkan keamanan dan kenyamanan dan menciptakan Kamseltibcarlantas di malam natal selama Operasi Lilin Semeru 2021.

"Razia dilaksanakan sabtu malam minggu ini, puluhan motor terjaring. Lokasi razia dilakukan yang diduga sebagai kerumunan dan dan rawan tindak kriminalitas," Kata Kasat Lantas Polres Lumajang AKP Bayu Halim Nugroho ketika dikonfirmasi, Minggu (26/12/2021).

Selama kegiatan tersebut, polisi melakukan tindakan tegas dakgar tilang terhadap setiap kendaraan yang menggunakan knalpot brong.

"Kendaraan yang ditilang ada 57 pelanggaran meliputi menggunakan klanpot brong, tidak sesuai standar. Kami juga beri tindakan teguran ada 45," ujar Bayu.

Razia dilakukan seputaran Alun-Alun Lumajang, petugas mengamankan puluhan sepeda motor. Kemudian para remaja yang diamankan diminta oleh petugas berjalan kaki mendorong sepeda motornya ke Mapolres Lumajang.

Tiba di Mapolres Lumajang para remaja dilakukan pembinaan dan diberikan masker oleh petugas.

"Kami juga memberikan himbauan kepada para remaja agar tidak mengulangi kembali‬ bagi yang kedapatan melakukan pelanggaran," jelas Bayu.

Lanjut dia, selama razia, polisi berhasil mengamankan seorang pengendara motor yang membawa senjata tajam, kemudian langsung diserahkan ke Satreskrim Polres Lumajang.

"Orang yang bawa sajam kami langsung serahkan satreskrim Polres Lumajang untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut," terangnya.

Bayu menambahkan, Selain tilang, kendaraan yang disita dan pengambilan barang bukti wajib melengkapi kendaraan tersebut, pasang spion, ganti ban standart, ganti knalpot asli.

"Kami menghimbau kepada masyarakat untuk menggunakan kendaraan yang lengkap dan tertib berlalu lintas," himbaunya.

Selain melaksanakan razia terhadap pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan knalpot brong, polisi juga razia sajam dan narkoba.

"Kami juga memberikan edukasi kepada pengendara agar tertib berlalu lintas dan bersama-sama menjaga Kamtibmas, dan memberikan himbuan untuk mematuhi protokol kesehatan salah satunya wajib menggunakan masker saat keluar rumah," ungkap Bayu.

Lebih lanjut Kasatlantas mengatakan, Razia tersebut melibatkan anggota satlantas, Satsamapta, dan anggota Intelkam Polres Lumajang melaksanakan patroli di lokasi-lokasi yang diduga sebagai kerumunan dan dan rawan tindak kriminaliras.

"Anggota juga mensosialisasikan Protokol Kesehatan dan menjauhi kerumunan dalam rangka menciptakan malam Natal 2021 yang kondusif di wilayah kabupaten Lumajang," pungkasnya.(Imam)


https://picasion.com/