-->

Iklan

https://picasion.com/

Satlantas Polres Lumajang Terus Gencar Razia Kendaraan Yang Overload

, Selasa, November 09, 2021 WIB
https://picasion.com/


Lumajang, (DOC)
-Guna meningkatkan keselamatan berlalu lintas, Satlantas Polres Lumajang rutin menggelar razia truk bermuatan melebihi batas yang telah ditentukan atau overload.

Hal ini guna menindaklanjuti arahan dari Korlantas Polri terkait penertiban pelanggaran lalu lintas yakni kendaraan yang melebihi kapasitas.

Kegiatan ini dilakukan anggota Satlantas Polres Lumajang di ruas jalan wilayah Kabupaten Lumajang.

"Jadi untuk kegiatan ini sudah antenssi dari pusat hal ini Korlantas Polri untuk melakukan penekanan terkait kendaraan yang over dimensi dan overload," Kata Kasat Lantas Polres Lumajang AKP Bayu Halim Nugroho ketika dikonfirmasi diruang kerjanya, Selasa (9/11/2021).

Kendaraan-kendaraan yang terindikasi ada modifikasi yang membahayakan keselamatan berlalu lintas akan dilakukan tindakan tilang, dan tindak pidana.

Lanjut dia, pidananya adalah hukuman. Disitu ada ketentuannya juga ancaman hukuman penjaranya diatas 1 tahun. Untuk itu pihaknya sudah menyiapkan penyidik-penyidik khususnya di bidang lalu lintas untuk menangani hal tersebut.

"Untuk kendaraan overloading seperti muatan berlebih, yaitu dilakukan dengan penindakan pelanggaran lalu lintas," tutur Bayu.

Pihaknya menghimbau kepada pengusaha truk untuk selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Seperti tata cara muatannya, kendaraan jangan terlalu banyak dimodifikasi karena sudah pasti pidana.

"Dalam waktu dekat nanti pengusaha-pengusaha angkutan barang akan saya kumpulkan untuk diberikan sosialisasi," himbaunya.

Lebih lanjut Bayu menyampaikan, pada tahun 2023 ada program bebas kendaraan odol. Nantinya seluruh satlantas Polres Lumajang yang ada di Jawa Timur semua mengarah kesana semua.

"kami saat ini sudah berupaya, memang beberapa waktu yang lalu memang sudah berjalan. Sekarang kami tinggal memantapkan saja. Itu rutinitas sudah berjalan jadi saat ini tinggal melakukan penegakan hukum kembali," ungkap Bayu.



 

Komentar

Tampilkan

Terkini