-->

Iklan

https://picasion.com/

Latihan Angkasa Yudha TNI AU Libatkan 1.597 Personel dan 52 Pesawat

, Rabu, November 24, 2021 WIB
https://picasion.com/


Lumajang, (DOC)
-TNI Angkatan Udara melakukan latihan puncak TNI AU Angkasa Yudha 2021 di Air Weapon Range (AWR), Desa Pandan Wangi, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang, Rabu (24/11/2021).

Kegiatan latihan puncak TNI AU Angkasa Yudha T.A 2021. di hadiri oleh Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dan sejumlah Perwira Tinggi TNI AU.

Dalam latihan angkasa Yudha ini melibakan 1.579 personel, terdiri dari 202 personel komando latihan dan 1.377 pelaku latihan.

Selain itu, 52 pesawat tempur diantaranya, Pesawar F-16 Fighting Falcon, Pesawat SU-27/30 Sukhoi, Pesawat T-50i Golden Eagle, Pesawat Hawk 100/200, Pesawat EMB-314 Super Tucano.

Kemudian pesawat angkut diantarnya, Pesawat C-130 Hercules, Pesawat  Cassa-212, pesawat intai yakni Pesawat Boeing 737, Pesawat dann Tanker C-130BT Hercules.

Selain itu melibatkan, helikopter, UAV Orbiter milik Pasukan Khas TNI AU, serta berbagai alutsista dan senjata pertahanan udara lainnya, seperti Radar, Oerlicon, QW3 dan Gatling Gun.

Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengatakan, latihan angkasa Yudha Tahun 2021 ini bertujuan untuk menguji TNI AU dalam meningkatkan kemampuan profesionalisme prajurit TNI AU dalam mempertahankan kedaulatan udara Negara Kesatuan Republik Indonesia.
 

"Jadi kita terus mengevaluasi doktrin prajurit TNI AU melaksanakan latihan, Selain itu Latihan ini untuk melihat kesiapan satuan-kesatuan," jelasnya.

Lanjut Kata Fadjar, Latihan angkasa Yudha ini diikuti 1.579 personil dengan 52 pesawat udara, baik pesawat tempur, pesawat angkut dan pesawat helikopter serta UEV.

"Latihan ini dilaksanakan selama 3 hari, Alhamdulillah hari ini kita melaksanakan dengan baik," ujarnya.

Menurut, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, latihan ini tidak ada yang berbeda sebelum pandemi Covid-19, hanya kita melaksanakan dengan protokol kesehatan.

"Materi latihan tidak ada yang berbeda. Jadi ini menunjukkan bahwa TNI Angkatan Udara dan TNI pada umumnya dan beserta seluruh jajaran kita siap melaksnakan tugas meskipun di tengah pandemi covid-19," terangnya.

Dalam kesempatan ini Kasau juga mengucapkan terimma kasih kepada BUpati Lumajang Thoriqul Haq, Kapolres Lumajang, dan Dandim 0821, serta Forkopimda yang telah mendukung latihan ini dengan sangat baik dari tahun-ketahun.

"Harapan kami terus kerjasama yang baik untuk dapat terlaksananya tugas-tugas TNI angkatan udara. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Danlanud yang telah yang telah menyelenggarakan latihan ini dengan sangat baik. Apresiasi yang sangat tinggi kepada seluruh jajaran Kolat," pungkas Fadjar Prasetyo.

Latihan manuver lapangan Angkasa Yudha ini digelar selama 3 hari mulai Senin hingga Rabu 22-24 November 2021. Latihan operasi udara ini tidak hanya digelar siang hari tapi juga di malam hari.(Imam)

Komentar

Tampilkan

Terkini