-->

Iklan

https://picasion.com/

Wujudkan Lingkungan Berseri, TNI-Polri dan Aparatur Desa dan Masyarakat Kerja Bakti Bersihkan Parit dan Rumput Liar

, Jumat, Oktober 01, 2021 WIB
https://picasion.com/


Lumajang, (DOC)
– Untuk mewujudkan lingkungan yang bersih, sehat, rapi dan indah (Berseri), TNI-Polri dan Aparatur Desa dan masyarakat kerja bakti membersihkan parit dan rumput liar di kanan kiri jalan pedesaan, di Desa Kalipepe Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Jumat (9/10/2021).


Perwira Seksi Teriktorial Kodim 0821 Lumajang, Kapten Arh Ariman pada saat melaksanakan kerja bakti mengatakan, peran serta TNI dalam kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk implementasi dari Pembinaan Teritorial (Binter).


Ariman  juga mengatakan, dengan membersihkan parit dan rumput liar, maka aliran air akan lancar sehingga kalau turun hujan airnya tidak meluber kejalan dan lingkungan pun akan terlihat lebih rapi dan bersih.


“Kegiatan kali ini kita fokuskan pada pembersihan saluran parit  dari sampah dan tanaman liar yang dapat menghambat aliran air, sehingga air dapat mengalir dengan lancar dan tidak menggenang bahkan meluap sampai menggenangi pekarangan rumah warga," kata dia.


Lanjut dia, pembersihan parit dan rumput liar seperti ini, memang rutin kami lakukan guna mencegah terjadinya banjir, banyaknya sampah dan lumpur yang menumpuk menjadi penyebab parit kurang berfungsi, kami juga mengajak seluruh komponen masyarakat untuk peduli akan kebersihan lingkungan.


Saluran air yang dibersihkan sepanjang 300 meter, yang merupakan saluran utama bagi pengairan lahan pertanian yang dekat  pemukiman warga, sehingga sering terdapat sampah dan tanaman liar yang menghambat alitan air


“Dengan terjaganya kebersihan dan kelancaran saluran air, maka bibit penyakit tidak dapat berkembang biak, sehingga kesehatan masyarakat dapat terjaga dengan baik,” pungkasnya. (Pendim 0821/Tim).

Komentar

Tampilkan

Terkini