-->

Iklan

https://picasion.com/

Korpaskhas TNI AU Gelar Latihan Tempur di AWR Pandanwangi

, Rabu, September 29, 2021 WIB
https://picasion.com/


Lumajang, (DOC)
-Ratusan Korps Pasukan Khas (Korpaskhas) TNI Angkatan Udara menggelar  latihan puncak Korpaskhas Trisula Perkasa TA. 2021 yang bertempat di lapangan Air Weapon Range (AWR) Pandanwangi, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang, Rabu (29/9/2021).

Latihan ini merupakan latihan rutin tahunan Korpaskhas guna membina kesiapan tempur prajurit Korpaskhas.

Dalam latihan pasukan khas TNI AU melakukan operasi tempur, diantaranya terjun payung oleh peterjun Korpaskhas.

Kemudian perebutan dan mempertahankan pangkalan dan pembebasan sandera dari Satuan bravo 90 paskhas TNI AU.

Selain itu, latihan Trisula Perkasa ini melibatkan sejumlah alutsista yang dimiliki TNI AU seperti  pesawat super tocano, hercules, dan helikopter serta kendaraan taktis.

"Hari ini kita melaksanakan latihan puncak Korpaskhas Trisula Perkasa ke 15 tahun 2021 di AWR Pandanwangi," ujar Komandan Korpaskhas TNI AU Marsekal Muda TNI Eris Widodo

Ia menjelaskan, tujuan kegiatan latihan ini untuk melatih kemampuan para prajurit paskhas TNI AU guna memahami dan mengaplikasikan doktrin sehingga dalam  melaksanakan baik taktik dan strategi operasi udara berdasarkan rencana Operasi yang telah ditentukan.

"Tujuan utama adalah untuk melatih kemampuan para prajurit Paskhas TNI AU dengan menggunakan alutsista yang kita miliki," ujar Eris Widodo.

Lanjutnya, disamping latihan ini untuk memelihara kemampuan prajurit pasukan khas TNI AU dengan alusista-alusista yang dimiliki paskhas TNI AU.

"kita juga mencoba untuk melaksanakan pemeliharaan atau pelatihan kepada prajurit dengan alusista-alusista yang kita miliki," ujar Eris.

Dalam latihan tersebut menggambarkan, pangkalan Udara TNI AU dikuasai oleh musuh dan akan dilakukan upaya perebutan kembali. Dua pesawat super tocano melakukan bantuan tembakan dari udara ke daerah sasaran di AWR.

Tidak lama kemudian, dilakukan penerjunan oleh pasukan pasukan pengendali tempur menggunakan dua pesawat hercules.

Usai mendarat didaerah lawan, pasukan khas TNI AU melakukan pertempuran dengan sengit dan pasukan berhasil merebut pangkalan udara yang dikuasai musuh.

Kemudian pasukan khas TNI AU akan melakukan pembebasan sandera, terlibat kontak senjata dengan musuk. Hingga akhirnya pasukan khas TNI AU berhasil membebaskan seorang sandera yang berada di tawanan musuh.

"kalau kita lihat latihan tadi cukup memuaskan. Karena ini kita juga persiapan untuk latihan tingkat berikutnya, latihan Angkasa Yudha," ungkap Marsekal Muda TNI Eris Widodo.(Imam)

Komentar

Tampilkan

Terkini