-->

Iklan

https://picasion.com/

Ombak Besar Terjang Pantai Selatan di Lumajang

, Kamis, Agustus 12, 2021 WIB
https://picasion.com/

Lumajang, (DOC)-
Gelombang tinggi yang melanda pantai selatan di Kabupaten Lumajang, Kamis (12/8/2021) siang.

Pantai diterjang ombak besar diantaranya Pantai watu pecak Desa Selok Awar-Awar, pantai Bambang, Desa Bago, Kecamatan Pasirian.

Kepala Bidang Pencegahan Kesiapgaan dan Logistik BPBD Lumajang Wawan Hadi Siswoyo mengatakan, awalnya pihaknya menerima informasi terjadi ombak besar di seputaran pantai Bambang dan watu pecak yang sampai ke warung yang ada di pantai.

"Kejadian ombak besar informasi kami peroleh sekitar pukul 01.00 WIB," ujarnya.

Saat ini BPBD Lumajang masih melakukan asismen terkait kerusakan akibat ombak besar.

"Kita sudah mengantisipasi anomali cuaca, cuaca ekstrim seperti ini, perlu di antisipasi untuk meningkatkan kewaspadaan terutama di pesisir pantai selatan," ujar wawan.

Namun demikian, BPBD Lumajang menghimbau  untuk masyarakat di pesisir pantai selatan mulai Yosowilangun sampai dengan Tempursari, mohon meningkatkan kewaspadaan karena cuaca ekstrim, terjadi anomali cuaca yang sewaktu waktu hujan disertai dengan angin, dan untuk pesisir pantai selatan sewaktu-waktu juga ombak tinggi.

"Kami menghimbau kalau terjadi ombak tinggi melebihi 4 meter untuk nelayan supaya jangan melaut dulu, tunggu hujan dan ombak reda. Ombak landai silahkan melaut kalau ombak masih tinggi," himbau wawan.

Bahkan pihaknya, juga pernah menghimbau kepada pemilik warung untuk membuat warung minimal 1 km dari bidir pantai.

"Kalau terlalu menjorok ke pantai kita khawatirkan terjadi ombak tinggi seperti ini, warungnya pasti kena," ujarnya.
Komentar

Tampilkan

Terkini