-->

Iklan

https://picasion.com/

Ungkap Kasus Kriminal, 6 Anggota Polres Lumajang Dapat Reward

, Senin, Juni 14, 2021 WIB
https://picasion.com/


Lumajang, (DOC)
- Enam anggota Polres Lumajang menerima penghargaan reward lantaran dinilai berprestasi ungkap kasus kriminal.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno saat apel pagi di halaman Mapolres Lumajang, Senin (14/6/2021).

Mereka yang menerima penghargaan Kapolsek Tempeh Iptu Lugito, S.H., Ps Kanit Reskrim Polsek Tempeh Aipda Dhimas Adji Waluyo, S.H, Ps Ka Spkt III Polsek Tempeh Bripka Suroso, S.H. Ps. Ka Spkt III,  Bripka Bambang Lasiyanto. Ps. Kanit Sabhara Polsek Tempeh, Bripka Ery Widayus Santoso. Anggota Polsek Tempeh, dan  Brigadir Indra Setyawan Anggota Polsek Tempeh.

Keenam personil ini telah berdedikasi tinggi dalam tugasnya berhasil ungkap kasus pencurian dengan pemberatan (Spesialis dalam sekolah) Pasal 363 KUHP.

Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti dalam arahannya saat apel pemberian penghargaan menyampaikan apresiasinya, bangga dan terimakasih kepada personil Polsek Tempeh  yang telah berprestasi. 

"Atas nama pimpinan dan seluruh personel Polres Lumajang saya sampaikan terimakasih yang telah mengungkap beberapa kasus, meskipun ada beberapa Polsek yang dicabut kewenangannya terkait penegakan hukum." kata AKBP Eka Yekti

Ia menegaskan bahwa Polsek tetap melakukan upaya-upaya penegakan hukum tentunya dengan koordinasi koridor yang jelas antara Polsek dan Satreskrim.

"Pencabutan kewenangan ini hanya untuk penyidikan, namun upaya preventif dan penyelidikan Polsek tetap harus peduli, jangan cuek untuk mengungkap kejadian yang ada di wilayahnya." terang Kapolres.

Upaya penyelidikan, mendatangi TKP, mencari saksi, mencari barang butki bisa dilakukan oleh Polsek termasuk mengungkan para pelaku seperti yang dilakukan Polsek Tempeh.

"Pemberian penghargaan ini merupakan wujud apresiasi atas prestasi anggota dalam mengungkap pelaku kejahatan," tuturnya

Kapolres menambahkan, Dimana pencurian yang terjadi akhir-akhir ini, banyak terjadi di depan rumah maupun halaman rumah.

"Dimana disitu ada kelalaian pemilik rumah yang pagar tidak dikunci, tidak ditutup, kunci motor masih nempel, rumah juga tidak dikunci." ujarnya.

Kelalain pemilik inilah yang menjadi sasaran personel Polsek untuk patroli. Untuk itu Kapolres Lumajang memerintahkan personelnya bahwa patroli tidak hanya berputar-putar saja, namun juga sambil menyampaikan himbauan melalui megaphone.

"Ketika patroli di perumahan, ingatkan warga untuk memasukkan motornya, dikunci pagar dan pintu rumahnya, jangan menaruh kunci sembarangan, termasuk juga sapi diamankan." imbuhnya

Lebih lanjut, Eka Yekti menyampaikan bahwa angka kejadian Curas mengalami penurunan secara signifikan, tentu ini merupakan hasil kerja keras seluruh jajaran dalam mengantisipasi kejadian kriminalitas.

"Terus lakukan upaya-upaya, tingkatkan patroli untuk mengantisipasi kejadian kriminalitas di wilayah jajaran." tegasnya.

Diberitakan sebelumnya berhasil membekuk lima pembobol Sekolah Dasar Negeri (SDN) Dusun Darungan, Desa Besuk, Kecamatan Tempeh, dan SDN 04 Jokarto, Dusun Rambak Pakis, Desa Jokarto, Kecamatan Tempeh.

Kelima pelaku adalah IY (28), AI (23), VA (21) S (31) warga Desa Pulo, Kecamatan Tempeh, satu tersangka lain berinisial RG warga Desa Besuk, Kecamatan Tempeh.

Penangkapan terhadap kelima pelaku setelah anggota Polsek Tempeh setelal mendapatkan dari seorang warga adanya orang yang akan menjual barang kepada pedagang rosokan. (Mam)

Komentar

Tampilkan

Terkini