Iklan

Polres Lumajang Siagakan SKD Antisipasi Pemudik Ditingkat Desa


Lumajang, (DOC)-
Selain melakukan penyekatan di perbatasan, Polres Lumajang juga menyiapkan Satgas Keamanan Desa (SKD) untuk mengantisipasi datangnya pemudik di Desa.

Hal itu diungkapkan Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno dalam sambutannya saat memimpin Apel Pimpin Apel Kesiapan Pengamanan Hari Raya Idul Fitri Satgas Keamanan Desa Rayon Selatan.

"Para SKD untuk antisipasi pencegahan penyebaran covid terhadap pemudik yang datang dari luar kota Lumajang," ujarnya.

Karena dengan adanya Peran Satgas Keamanan Desa ini sangat penting untuk mendeteksi warganya yang mudik dan telanjur mudik di wilayah kabupaten Lumajang.

"saya perintahkan untuk seluruh polsek untuk terus melakukan pembinaan, mengarahkan rekan-rekan SKD semua melakukan pemantauan di masing-masing desanya," tutur AKBP Eka Yekti.

Kapolres menyampaikan, dimana kabupaten Lumajang adalah tempat tempat finis atau tujuan terakhir dari mudik.

"kami dari polres mengharapkan bantuan, dukungan, suport dari teman-teman SKD. Dan kita sama menghimbau kepada saudara, keluarga, tetangga untuk sementara tidak mudik dulu," ungkapnya.

Jika ada yang terdeteksi sudah melakukan mudik, agar melakukan test swab/rapid antigen serta isolasi di tempat yang sudah disediakan oleh pemerintah selama 5 hari, jika setelah dinyatakan negatif baru bisa pulang ke rumah.

"kita tidak tau saudara kita itu tertularnya pas di jalan pas perjalanan pulang ke Lumajang di jalan dia ketularan kita tidak tau tertularnya dimana makanya sampai di rumah harus di tes lagi," ujar AKBP Eka Yekti.

Kapolres berharap agar Satgas Keamanan Desa (SKD) menjadi pendeteksi dini kedatangan para pemudik di wilayahnya.

Ia juga berharap ada peran aktif SKD sehingga antisipasi pencegahan penyebaran Covid-19 di Lumajang bisa dilakukan dengan optimal.

"Keberadaan SKD kami harapkan mendeteksi di lingkungan warganya, siapa yang datang dari luar wilayah ke Lumajang, karena yang paling dekat ya SKD, kemudian bila ditemui segera berkoordinasi dengan Polsek dan Koramil," ujarnya. (Imam)

Posting Komentar

0 Komentar