-->

Iklan

https://picasion.com/

Persempit Ruang Gerak Pelaku Kejahatan, Polres Lumajang Terus Tingkatkan Patroli Malam.

, Kamis, Mei 27, 2021 WIB
https://picasion.com/


Lumajang, (DOC)
- Antisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), Polres Lumajang terus meningkatkan patroli malam.

Kompi Siaga B Polres Lumajang berkolaborasi empat kepolisian sektor yaitu Ranuyoso, Klakah, Kedungjajang dan Randuagung melaksanakan patroli Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD). Patroli ini dilaksanakan Rabu (26/5/2021) malam hingga pagi hari.

Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno melalui Paursubbaghumas Ipda Andrias Shinta mengatakan, dalam kegiatan patroli malam terus dilakukan ini untuk mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas 3C ( Curat, Curas, Curanmor) dan Curhewan khususnya di wilayah rayon Utara / titik rawan yang sudah dipetakan sebelumnya.

"Peningkatan patroli malam ini dilakukan oleh Polres Lumajang bersama Polsek rayon utara sebagai upaya untuk meminimalisir tindak kriminalitas atau kejahatan jalanan lainnya," tegas Shinta, Kamis (27/5/2021)    

Ia menyampaikan, polisi juga melaksanakan patroli dialogis dengan petugas siskamling  menyampaikan pesan kamtibmas agar masyarakat ikut peduli terhadap keamanan dengan melaksanakan ronda dan jaga kamling.



"Petugas menyampaikan pesan dan info kamtibmas kepada petugas pos Kamling yang sedang melaksanakan ronda, yakni dalam pelaksanaan ronda malam bukan hanya meningkatkan kewaspadaan terhadap lingkungannya saja tetapi juga mengutamakan keselamatan diri serta menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19," terangnya.

Dalam kegiatan patroli malam, personil juga melakukan pemeriksaan kelengkapan surat-surat kendaraan kepada pengendara motor yang melintas.

"Petugas juga memberikan himbauan kepada pengendara agar berhati-hati segera kembali kerumah," ujarnya.

Selain itu, personil malam juga memberikan himbauan kepada masyarakat terutama pemuda yang masih nongkrong di kafe/warung kopi agar menerapkan prokes covid 19.

"Para pemuda saat itu berada di kafe untuk segera pulang kerumahnya masing-masing untuk menghindari kejahatan," imbuh Shinta.

Lebih lanjut, Paur Subbag Humas menambahkan, selama kegiatan patroli malam ditemukan masih banyak masyarakat  kurang peduli dengan keamanan lingkungannya sendiri terbukti enggan melaksanakan ronda/kamling.

Bahkan, petugas juga menemukan kendaraan sepeda motor hingga dini hari masih belum dimasukan ke dalam rumah sehingga bisa menimbulkan potensi gangguan.

"Untuk kondisi penerangan jalan masih minim, serta jalan desa tidak ada penerangan," ujar Ipda Andrias Shinta.

Pihaknya berjanji tidak akan memberi ampun pada pelaku kriminal yang jelas - jelas menimbulkan keresahan dalam kehidupan masyarakat.

"Siapapun yang melanggar aturan dan membuat keresahan di masyarakat akan kami tindak tegas," tegas Ipda Andrias Shinta. (Humas)

Komentar

Tampilkan

Terkini