Iklan

Wujudkan Lingkungan Sehat, TNI di Lumajang Ajak Masyarakat Sukseskan Program ODF


Lumajang,(DOC)
– Babinsa Oro oro Ombo Koramil 0821/14 Pronojiwo, Koptu Yayat Sugiat mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat, dengan tidak melakukan Buang Air Besar (BAB) di sembarang tempat.

“Guna mewujudkan lingkungan yang sehat, masyarakat diharapkan ikut berpartisipasi aktif dalam mendukung program Open Defecation Free (ODF), yaitu dengan tidak melakukan BAB di sembarang tempat, terutama di sungai,” ujarnya usai mendampingi Tim Verifikasi Program ODF Provinsi Jawa Timur, di Desa oro oro Ombo Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (25/3/2021).

Yayat juga menyampaikan, bahwa turut sertanya dalam kegiatan tersebut merupakan salah satu wujud pelaksanaan tugas pembinaan wilayah, serta sebagai bentuk kepedulian Tentara Nasional Indonesia (TNI) kepada masyarakat dan lingkungan, khususnya dalam bidang kesehatan.

“ODF merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk menghilangkan kebiasaan BAB sembarangan dengan meningkatkan kualitas sanitasi masyarakat, sehingga angka penyakit berbasis lingkungan, seperti diare dapat diminimalisir,” kata dia.

Selain itu, disampaikan Yayat, bahwa pihaknya bersama dengan pemerintah desa setempat akan berupaya untuk memberikan pengertian dan pemahaman kepada masyarakat untuk lebih pro aktif dalam mendukung pelaksanaan program tersebut.

Menurutnya, faktor yang paling besar pengaruhnya terhadap derajat kesehatan masyarakat adalah lingkungan dan perilaku, perubahan perilaku sehat ini sangatlah sulit apabila masyarakat tidak mempunyai keinginan untuk merubahnya.

Oleh karena itu, diharapkan agar perubahan perilaku dapat dimulai dari diri sendiri dan dimulai sejak dini, sehingga menjadi terbiasa untuk melakukan kegiatan yang lebih besar dalam rangka menuju pola hidup sehat.

“Jika tercipta lingkungan yang sehat maka akan tercipta kehidupan yang sehat, jika tercipta kehidupan yang sehat maka tercipta badan yang kuat, dan di dalam badan yang kuat akan tercipta pemikiran yang sehat juga,” pungkasnya. (Pendim0821/Phie

Posting Komentar

0 Komentar