Iklan

Koramil Yosowilangun Bersama Masyarakat Gotong Royong Bersihkan Bantaran Sungai


Lumajang, (DOC)
– Untuk mencegah terjadinya luapan air yang dapat menggenangi lahan persawahan, Personel Koramil 0821/11 Yosowilangun bersama masyarakat Desa Kraton bergotong royong membersihkan bantaran sungai Dam Solekan yang berada di Dusun Sidodadi Desa Kraton Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang Jawa Timur, Selasa (23/3/2021).

Dalam kegiatan tersebut, Babinsa Kraton Koramil 0821/11 Yosowilangun Serda Puryatno mengatakan, bahwa kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya mengantisipasi terjadinya luapan air saat turun hujan, yang diakibatkan oleh penyempitan aliran air sungai karena tumbuhnya pohon dan rumput liar.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, kegiatan gotong royong ini merupakan salah satu ciri khas bangsa Indonesia yang harus terus dilestarikan dan kehadiran anggota TNI akan nenberikan semangat dalam berbagai kegiatan yang dilakukan di desa.

“Kehadiran kita diharapkan dapat menumbuhkan kembali semangat gotong royong warga yang selama ini hampir pudar ditengah majunya jaman. Walaupun saat ini kita menghadapi wabah Covid-19, namun budaya ini tidak boleh hilang dan harus terus kita dilestarikan,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Desa Kraton Didik Purwanto menyampaikan bahwa pembersihan kanan kiri sungai Dam Solekan yang melintasi wilayah Dusun Sidodadi Desa Kraton ini harus segera dilakukan, mengingat banyaknya sampah dan ranting bambu maupun kayu yang menutupi aliran sungai tersebut.

Dirinya juga berharap, agar masyarakat selalu menjaga kebersihan Daerah Aliran Sungai (DAS) sehingga tidak terjadi luapan air sungai ke lahan persawahan yang akan berdampak terhadap perekonomian para petani.

“Untuk itu, bantaran sungai ini perlu segera dibersihkan agar tidak terjadi penyumbatan aliran sungai yang mengakibatkan banjir dan dapat mengancam lahan pertanian warga Dusun Sidodadi,” pungkasnya. (Pendim0821/By)

Posting Komentar

0 Komentar