-->

Iklan

https://picasion.com/

MI Nurul Islam Kota Lumajang Torehkan Prestasi Nasional

, Selasa, Februari 23, 2021 WIB
https://picasion.com/


Lumajang (DOC) - Alhamdulillah MI Nurul Islam Kota Lumajang terus menorehkan prestasi, baik atas nama lembaga, guru serta siswa. Setelah sebelumnya ananda Fahrunnisa Zahro Chusaeni kelas 6 MI meraih Juara 3 Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Jawa Timur. 

Kali ini giliran gurunya yaitu Chairul Agustiningtiyas, S.Pd.yang mencatatkan prestasi mengesankan lolos menjadi penyusun Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI) Madrasah Nasional tahun 2021 untuk tingkat MI. Yang mana dari pendaftar berjumlah 1.500 lebih dari tingkatan MI, MTs dan MA, untuk yang terjaring hanya sebanyak 154 guru dari berbagai tingkatan. 

Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI) Madrasah adalah program pemetaan capaian pendidikan untuk memantau mutu pendidikan madrasah yang menggambarkan pencapaian kemampuan siswa.

AKSI madrasah juga untuk membantu guru dalam memperoleh informasi akurat tentang kompetensi siswa dalam hal literasi membaca, literasi Numerik, literasi sains dan literasi Sosial budaya.

Lolosnya Chairul Agustiningtiyas terungkap dalam surat Direktorat Jenderal Pendidikan Islam nomor : B-393/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/02/2021. Tentang pengumuman hasil seleksi tahap III (Tahap Akhir) calon penyusun Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI). Nama nya lolos sebagai penyusun AKSI madrasah kategori numerasi.

Proses seleksi AKSI ini melalui beberapa tahap yaitu tahap pertama pendaftaran dengan syarat membuat soal sesuai kisi kisi dengan memilih 3 level soal hots.

Kemudian tahap kedua Tes Psikologi tertulis dengan aplikasi Zoom dan sistem CBT.

Selanjutnya tahap terakhir atau ketiga yaitu wawancara bidang numerasi dengan menggunakan aplikasi Zoom.

Tyas sapaannya merupakan guru mata pelajaran matematika dan tematik.

“Alhamdulillah lolos tahap akhir sebagai Tim penyusun AKSI Madrasah dan juga saya ucapkan terima kasih atas do’a dan dukungan dari Pengurus serta keluarga besar MI KOTA selama proses seleksi,” Paparnya Senin 22/2.

Kepala MI Nurul Islam Kota Lumajang Muhaimin,  menyampaikan apresiasinya atas perjuangan Bu Tiyas dalam mengharumkan nama baik madrasah. Sehingga dapat lolos seleksi terpilih menjadi salah satu tim penyusun AKSI Madrasah Nasional mewakili Kabupaten Lumajang .

“Kesuksesan ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi MI Kota Lumajang, karena Madrasah kita bisa menembus tingkat nasional. Saya harap  lolosnya Bu Tiyas menjadi motivasi bagi guru-guru lainnya untuk terus berprestasi” Ujarnya. 


Tentu saja ini juga menjadi kado spesial bagi MI Kota Lumajang yang akan merayakan Hari Lahir ke 93, sebagai Madrasah tertua pada Kabupaten Lumajang. Semoga Mi Nurul Islam Kota Lumajang senantiasa jaya dan selalu menjadi barometer kesuksesan madrasah di kabupaten Lumajang. Amin.

Ayoeb Sekretaris BP3MNU MI KOTA

Komentar

Tampilkan

Terkini