Cara Menggapai Sukses Menurut Kitab Balaghoh, Simak Penjelasannya !


Kejelasan meraih sukses bagi orang orang yang tidak berilmu, itu tidak akan terwujud terutama dalam kaitannya dengan meraih ridho Allah. 

Adapun keutamaan orang yang meraih sukses itu bagi orang yang bisa mengambil hikmah dalam setiap perjalanannya dan selalu berlapang dada dengan selalu bersandar kepada rohmat Allah. 

Sesuai dengan Maqolah Imam Syafii yang menyebutkan :

مَنْ اَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ وَمَنْ اَرَادَ اْلاَخِرَةَ فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ وَمَنْ اَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ

“Barangsiapa yang ingin sukses dunia maka hendaklah dengan ilmu, barangsiapa yang ingin sukses akhirat maka hendaklah dengan ilmu, dan barangsiapa yang ingin sukses pada keduanya (dunia dan akhirat) maka hendaklah dengan ilmu (pula)”. 

Dan tidak akan bisa menjadi teladan bagi orang yang jatuh pada lubang yang sama dan tidak mau belajar dalam hidupnya. Dan sesungguhnya akan selalu dalam keraguan bagi orang yang meninggalkan ilmu serta bersandar pada nafsu pribadinya.

Maka bagi orang yang bisa mendidik nafsunya dengan cara mengendalikannnya akan mendapatkan keistiqomahan usahanya dan tercapainya tujuan. Sehingga bagi orang yang memiliki sifat mengendalikan nafsu tersebut maka amalnya akan berlipat ganda. Juga bagi orang yang bisa membersihkan penyakit hatinya akan memperoleh balasan serta bimbingan dalam mengikis sifat ketamakan. 

Serta bagi orang yang mampu mengendalikan nafsu maka akan bisa melihat kejelasan sumber beberapa perkara yang jelas. Hal itu akan muncul sesudah ia menempuh belajar dan mendapatkan dasar yang kuat dari bimbingan guru. Dan tidak ada keraguan sedikitpun bagi hidupnya orang orang yang mempunyai kebersihan hati. 

Maka hendaknya kita harus selalu belajar dan mengikuti bimbingan guru agar bisa mewujudkan tujuan dan bisa diterima oleh masyarakat. Serta juga harus bisa menjadi wasilah (perantara) dengan banyak berbuat kemanfaatan untuk orang lain melalui amaliah ilmu yang kita peroleh dari guru tersebut. (Atz) 

Sumber : Kitab Balaghoh PonPes Khomsani Nur.

Posting Komentar

0 Komentar