Tawakal Hadapi Bencana, TNI dan Masyarakat Desa Sumberwuluh Doa Bersama


Lumajang, (DOC)
- Sebagai bentuk tawakal dalam menghadapi bencana, Koramil 0821/09 Candipuro bersama Masyarakat mengadakan doa bersama di Daerah aliran sungai (Das) Bondeli Dusun Renteng Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang Jawa Timur, Minggu (17/1/2021). 

Saat kegiatan tersebut, Bati Wanmil Koramil 0821/09 Candipuro Serma Baidlowi Abdullah mengatakan bahwa kegiatan rokat gunung semeru merupakan salah satu bentuk upaya melalui doa untuk keselamatan warga dan pekerja yang ada di sekitar daerah aliran sungai Bondeli. 

Lanjut dia, selain melaksanakan tugas kemiliteran, turut serta dalam kegiatan tersebut merupakan wujud kepedulian Tentara Nasional Indonesia (TNI) kepada masyarakat.

"Sejak erupsi gunung semeru berbagai upaya penyelamatan sudah dilaksanakan oleh aparatur wilayah bersama relawan. Semoga dengan doa bersama ini ini, kita semua dihindarkan dari segala bentuk musibah," harapnya. 

Sementara itu, Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Lumajang AM Ridwan menerangkan, bahwa kegiatan ini dikawal ketat dengan protokol kesehatan. Mulai dari melakukan cek suhu badan, penyemprotan handsanitizer, hingga ada pembagian masker bagi warga yang tidak membawa perlengkapan kesehatan. 

“Kita bersama para pemimpin duduk dalam satu tikar, melakukan pembacaan istigotsah. Setelah acara, ada penyerahan secara simbolis ratusan paket sembako kepada para duafa, dan paket santunan kepada yatim piatu di Desa Sumberwuluh,” terang dia. 

Lebih lanjut, dia menerangkan, saat ini adalah waktu yang tepat untuk mengembalikan nilai spiritual warga, salah satunya dengan melakukan rokat atau ruwat. 

“Semoga momentum ini tidak hanya terjadi ketika bencana saja, karena masa ini bukan hanya Semeru, tetapi Indonesia sedang dilanda banyak musibah. Melalui Rokat ini kita berdoa bersama kita semua diberi kesehatan dan keselamatan oleh Allah SWT,” pungkasnya. (Pendim 0821/By).

Posting Komentar

0 Komentar